BI Checking Mempengaruhi saat Lamaran Kerja Lagi Viral di Twitter, Benarkah?

JABAR EKSPRES – Apabila dalam BI Checking terdapat jejak yang kurang menyenangkan, seperti riwayat telat dalam membayar cicilan motor, maka bisa saja kamu sulit mendapatkan pekerjaan.

Hal ini sedang viral oleh warganet di dunia maya X, yang dahulu dikenal sebagai Twitter, mengenai isu hangat seputar BI Checking atau yang kini berganti nama menjadi SLIK OJK.

Untuk yang belum tahu, perlu dijelaskan bahwa BI Checking adalah layanan berharga guna menelusuri kronologi kredit atau pinjaman yang pernah diambil oleh para peminjam.

Deru perbincangan heboh ini juga tak terhindarkan di jagad media sosial X (sebelumnya bernama Twitter), seiring dengan munculnya komentar-komentar meriah dari para warganet yang terjebak dalam gemuruh informasi mengenai SLIK OJK yang semakin hari semakin mendapat sorotan.

BACA JUGA: Cara Cek BI Checking Online Mudah dan Cepat, Berikut Link Resminya

Tak terelakkan, fakta menarik ini hendaknya diingat, bahwa layanan ini adalah sarana andal untuk mengupas tuntas jejak kredit dan pinjaman para debitur.

Ketika suatu saat dalam catatan BI Checking, gambaran kelam muncul seperti keterlambatan pembayaran angsuran motor, adalah sangat mungkin bahwa proses pengajuan kredit berikutnya akan menghadapi rintangan yang lebih menjulang.

Hingga Selasa (22/8/2023), cuitan tersebut telah dilihat sebanyak 1,9 juta pengguna kali dan mendapatkan lebih dari 933 komentar dari warganet.

BACA JUGA: Otoritas Jasa Keuangan Bakal Urus BI Checking

Lantas, apakah BI Checking akan mempengaruhi dalam proses lamaran pekerjaan? Berikut ini jawabannya dari beberapa sumber.

Kemnaker menegaskan, SLIK OJK tidak ada kaitannya dengan penerimaan karyawan.

Mengapa? Karena secara umum perusahaan tidak akan mempertanyakan terkait dengan data pribadi pelamar yang tidak sesuai dengan kualifikasi.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan