Terus Naik, DLH Kota Bandung Tetap Gencar Sosialisasikan KBS

JABAR EKSPRES – Jumlah Kawasan Bebas Sampah (KBS) di Kota Bandung telah bertambah sebanyak 13 RW. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, telah ada 234 RW KBS di kota itu per Juli 2023.

Walaupun masih 14 persen dari jumlah semua RW yang ada di Kota Bandung, angka tersebut akan meningkat jika sosialisasi dan komitmen masyarakat terbentuk di setiap RW.

“Masih 14 persen dari total keseluruhan RW di Kota Bandung. Awalnya itu 10 persen, sekarang naik, ada kenaikan yang signifikan,” ungkap Dudy Prayudi, Kepala DLH Kota Bandung, dilansir dari Pemkot Bandung.

BACA JUGA: Antisipasi Overload TPA Sarimukti, Warga Diimbau Ubah Mindset

BACA JUGA: TPA Sarimukti Overload, Bandung Raya Diintai 6 Ancaman

Dia membeberkan, masih ada beberapa kelurahan yang hingga kini belum memiliki KBS. Oleh karena itu, dia meminta komitmen kepada setiap aparatur kewilayah untuk menggencarkan KBS. Minimal 1 RW KBS di wilayahnya.

“Dengan adanya komitmen ini memudahkan pembentukan KBS. Sehingga KBS meningkat, otomatis sampah terolah lebih banyak. Ditambah lagi ada beberapa TPST yang hadir, sehingga akan mereduksi banyak sampah,” ucapnya.

Nantinya, akan ada sosialisasi lebih masif dari pihaknya agar KBS dapat tersebar di tiap wilayah Kota Bandung.

“Perlu sosialisasi lebih intes dengan masyarakat, kalau bisa door to door. Diperlukan edukasi setiap rumah. Bahkan ada fasilitator di kecamatan untuk pendampingan ini, untuk bisa membantu edukasi. Minimal masyarakat paham soal pemilahan sampah,” jelasnya. (*)

BACA JUGA: Menyoal Program Kang Pisman, Sudah Tidak Efektif?

BACA JUGA: Jatah ke TPA Sarimukti Berkurang, Pemkot Bandung ‘Putar Otak’

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan