8 Tips Menambah Nafsu Makan, Penting Untuk Diketahui!

JABAR EKSPRES – Saat merasa stres atau tubuh kurang sehat, nafsu makan akan berkurang karena dampak dari gangguan tersebut, lalu apakah ada tips untuk menambah nafsu makan?

Berkurangnya nafsu makan yang berkepanjangan dapat berbahaya terlebih lagi pada seseorang yang memiliki berat badan yang tidak ideal.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu dalam meningkatkan nafsu makan, diantaranya:

Tips Menambah Nafsu Makan

  • Hindari Stres

Stres dapat mengganggu nafsu makan. Cobalah untuk mengelola stres dengan cara seperti meditasi, yoga, atau relaksasi.

BACA JUGA: 6 Manfaat Mengonsumsi Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Pilih Makanan Nutritif

Pilih makanan yang kaya akan nutrisi dan kalori seperti biji-bijian, daging, ikan, produk susu, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

  • Hindari Minuman Berkalori Rendah

Minuman berkalori rendah seperti air atau minuman rendah gula mungkin dapat mengisi perut kamu lebih cepat dan mengurangi nafsu makan kamu. Cobalah untuk minum kalori dalam bentuk jus, smoothie, atau susu.

  • Pola Makan Teratur

Cobalah untuk makan dalam jadwal yang teratur, seperti tiga kali makan besar dan beberapa kali camilan sepanjang hari. Ini dapat menjadi tips dalam membantu menambah dan mengatur ritme nafsu makan kamu.

  • Tambahkan Camilan Sehat

Camilan sehat di antara makanan utama dapat membantu menambah kalori dan nutrisi. Pilih camilan yang kaya akan protein dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, yogurt, atau buah kering.

BACA JUGA: 12 Tips Menjaga Pola Makan Agar Terhindar Dari Penyakit!

  • Olahraga Ringan

Olahraga ringan atau latihan fisik dapat merangsang nafsu makan kamu. Hindari olahraga yang terlalu intens, karena ini mungkin malah membuat kamu kehilangan nafsu makan.

  • Variasi Menu

Tips lain untuk menambah nafsu makan adalah dengan mencoba variasikan menu makan kamu. Masak makanan baru dengan bumbu dan rasa yang berbeda untuk merangsang nafsu makan kamu.

  • Konsultasi dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika kamu memiliki masalah berat dengan nafsu makan atau berat badan, berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter. Mereka dapat memberikan nasihat yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kamu.

Tinggalkan Balasan