CERDAS! Pawai Kemerdekaan di Sumedang Sisipkan Kritik Irigasi Kepada Pemerintah

JABAR EKSPRES – Pelaksanaan pawai rakyat di Desa Mekarjaya,Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang pada Sabtu, 19 Agustus 2023 diwarnai aksi yang mencengangkan. Gugun, warga RW 03 bersama peserta yang lain melontarkan kritik kepada pemerintah sebagai perwakilan petani pada pawai yang memeriahkan HUT ke-78 RI.

Gugun menuturkan, bahwa pihaknya mengagas ide mewakili petani dengan menampilkan keadaan saat ini serta menyerukan berbagai aspirasi masyarakat khususnya soal pembangunan irigasi.

“Kami mewakili petani, khususnya yang berada di wilayah RW 03, umumnya se Mekarjaya dan juga desa-desa lainya yang sama memiliki keluhan dalam urusan saluran irigasi,” ujar Gugun pada Jabar Ekspres, Sabtu 19 Agustus 2023 di lokasi pawai.

Ini sebuah keinginan kami, lanjut Gugun, di mana sudah hampir 25 tahun bahwa saluran irigasi yang dibutuhkan untuk pengairan sawah di daerah kami memang sudah tidak berfungsi lagi.

“Jadi mudah mudahan dengan kegiatan ini, melalui acara ini aspirasi masyarakat khususnya petani bisa tersampaikan melihat memang mayoritas profesi yang ada di lingkungan kami adalah petani,” tuturnya.

Tak hanya itu, warga sangat berharap agar dengan adanya kesempatan dalam pawai rakyat tersebut, ada perhatian yang serius dari pihak pemerintah dan instansi terkait dengan perbaikan saluran irigasi tersebut.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-78 RI, Pawai Lampion Akan Warnai Jalanan Sumedang

“Mudah-mudahan bisa mendapatkan perhatian juga dari pemerintah bahwa kami menginginkan saluran irigasi segera diperbaiki lagi, karena kami membutuhkan saluran irigasi itu untuk menanam padi dan lain sebagainya, tanpa irigasi petani tidak bisa berbuat apa-apa, yang kami tanam hanyalah jagung dan ubi, sementara yang kami makan itu padi,” bebernya.

“Jadi mohon, dalam kegiatan ini kami sampaikan sebagai bentuk pemberian aspirasi warga untuk diharapkan diperhatikan oleh pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarjaya, Awandi Nopyan menanggapi pertanyaan wartawan mengenai irigasi. Menurutnya, masalah irigasi itu memang sedang dalam upaya Pemerintah Desa Mekarjaya selama ini.

“Terkait irigasi, itu berbeda kewenangan. Itu kewenangan Kabupaten dan Provinsi, desa itu sifatnya mengusulkan untuk segera diperbaiki.” Ucapnya, Sabtu 19 Agustus 2023, di sela acara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan