Ahli Bedah AS Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia dan Bertahan 32 Hari

BACA JUGA: Makanan Yang Baik Dikonsumsi & Dihindari Saat Sakit Maag!

Saat ini, terdapat 103.479 orang yang berada dalam daftar tunggu untuk mendapatkan transplantasi organ di Amerika Serikat, dengan 88.651 orang di antaranya mencari donor ginjal, sesuai dengan data yang dihimpun oleh United Network for Organ Sharing (UNOS). Pada tahun 2022, sekitar 26.000 orang telah menjalani transplantasi ginjal, menurut data yang diperoleh dari NYU Langone Health.

Banyak orang meninggal setelah menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan ginjal yang cocok, sementara beberapa lainnya menjadi terlalu lemah untuk menjalani transplantasi. Sejumlah orang tidak pernah berhasil masuk dalam daftar tunggu. Lebih dari 808.000 warga Amerika hidup dengan penyakit ginjal tahap akhir, dan sekitar 69 persennya menjalani dialisis sementara sisanya menjalani transplantasi, sesuai dengan informasi dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Mirip dengan hati, ginjal dapat diperoleh dari pendonatur yang telah meninggal maupun yang masih hidup, yang perlu dicocokkan dengan penerima berdasarkan ukuran dan kelayakan tertentu.

Kemajuan penting yang dilaporkan pada hari Rabu ini menyoroti kemampuan ginjal babi yang ditransplantasikan untuk memproduksi urine dan menghilangkan kreatinin, produk sampingan dari aktivitas otot yang bisa menjadi racun jika terakumulasi dalam tubuh manusia, seperti yang dijelaskan oleh Locke. Locke juga menyatakan bahwa penelitian di University of Alabama di Birmingham bisa saja berlangsung lebih lama, namun dihentikan untuk menghormati keluarga almarhum.

Robert Montgomery, yang memimpin prosedur transplantasi di NYU Langone dan juga menjadi direktur dari Institut Transplantasi Langone NYU, menekankan bahwa para peneliti saat ini sudah memiliki cukup data dari percobaan pada primata yang bukan manusia. Hal ini memberikan dasar untuk penelitian lebih lanjut terkait transplantasi ginjal babi ke manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan