Reboisasi di Kota Bandung Guna Perbaiki Kualitas Udara

JABAR EKSPRES – Guna membuat kualitas udara Kota Bandung semakin baik, penanaman pohon atau reboisasi dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Penanaman ini nantinya akan dilakukan di ruang terbuka hijau yang tersebar di kota tersebut.

Belum lama ini, Pemkot Bandung telah melakukan reboisasi di Kawasan Jalan Sudirman. Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu penghijauan di ruas jalan lainnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung tahun 2022, tercatat ada 759 taman kota dengan luas 2.170.134,11 meter persegi di Kota Bandung.

Beberapa ruang terbuka hijau di Kota Bandung terus ditambah oleh Pemkot Bandung. Contohnya, Ciko Arena 1-5, Wetland Park, Seke Babakan Citeureup, beragam kolam retensi, dan ruang publik lainnya. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penghijauan di Jalan Braga.

BACA JUGA: Kalahkan Jakarta, Bandung Raja Polusi Udara Indonesia

“Nanti Asda 1 memonitor program penghijauan kota bersama DPKP (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman),” ucap Ema Sumarna, dikutip dari Pemkot Bandung.

Sebelumnya, kualitas udara di beberapa kota besar di Indonesia mengalami pencemaran. Oleh karena itu, Pemkot Bandung tidak ingin hal yang sama terjadi di Ibu Kota Jawa Barat tersebut.

Oleh karena itu, Ema Sumarna mengajak kepada semua warga untuk bersama-sama dalam mengurangi aktivitas yang membuat polusi udara.

“Sedikit demi sedikit dengan anggaran yang terbatas, kita lakukan penghijauan kota untuk kualitas udara dan pembangunan kota Bandung yang lebih baik,” katanya. (*)

BACA JUGA: Kualitas Udara Kota Cimahi dalam Kategori Baik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan