PNM Cabang Bandung Gelar Pelatihan Capacity Building dan Literasi Keuangan

JABAR EKSPRES – Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Bandung menggelar pelatihan capacity building dan literasi keuangan kepada para nasabahnya. Ini dilakukan dalam rangka memperingati hari UMKM Nasional di gelar di Hotel Harris Festival Citylink, Kota Bandung pada Sabtu (12/08/23) kemarin.

Wakil Pemimpin Cabang PNM Bandung, Hikmah Yetty mengatakan, kegiatan ini tidak sekadar seremonial belaka, tetapi juga untuk memberikan bimbingan dan peningkatan kapasitas usaha bagi nasabah pada ranah intelectual capital. Sebab, hal ini sangat penting untuk keberlanjutan usaha mereka.

BACA JUGA: Kisah UMKM Keripik Pare di Bandung, Jebakan Membawa Berkah

”Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, yang melibatkan nasabah mitra binaan PNM, yakni nasabah Pogram Pembiayaan Usaha Mikro Kecil (PUMK),” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan literasi keuangan dan sosialisasi e-commerce (Padi UMKM).

Dia berharap, UMKM mitra PNM bisa naik kelas. Dari yang awalnya hanya mencakup market offline, nantinya bisa berkembang dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas melalui aplikasi e-commerce.

BACA JUGA: Pemerintah Berencana Memasukan 30 Juta UMKM ke Ekosistem Digital

”Kalau dulunya nasabah hanya transaksi jual beli secara cash atau tunai, diharapkan setelah ikut pelatihan ini bisa lebih berkembang dengan melakukan transaksi cashless,” lanjutnya.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan bisa memberikan edukasi kepada nasabah, agar mampu bersaing di era digital. Sehingga, produk mereka bisa berkembang secara berkesinambunagan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan