Hari Kemerdekaan Indonesia Bukan 17 Agustus 1945 Menurut Versi Belanda

JABAR EKSPRES – Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memperoklamasikan kemerdekannya. Proklamasi kemerdekaan Indonesia diterima dengan beragam reaksi dunia internasional, termasuk dari pihak Belanda.

Belanda tak mau mengakui kemerdekaan Indonesia dan menganggap tindakannya ilegal. Oleh karena itu Belanda kembali melancarkan serangan militer untuk mengambil alih kembali kekuasaan di Indonesia.

Perang antara Indonesia dan Belanda berlangsung selama empat tahun, dari tahun 1945 hingga 1949. Pada akhirnya, Indonesia berhasil memenangkan perang dan Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949.

Berikut adalah penjelasan secara lengkap tentang kemerdekaan Indonesia versi Belanda

Latar Belakang

Belanda telah menjajah Indonesia selama lebih dari 350 tahun. Selama masa penjajahan, Belanda telah mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia dan merampas hak-hak rakyat Indonesia. Hal ini menimbulkan kebencian rakyat Indonesia terhadap Belanda dan keinginan untuk merdeka.

Pada masa Perang Dunia II, Indonesia diduduki oleh Jepang. Jepang memberikan janji kepada rakyat Indonesia bahwa mereka akan membantu Indonesia untuk merdeka. Namun, janji Jepang tidak pernah ditepati. Jepang justru semakin mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia dan melakukan berbagai kekejaman terhadap rakyat Indonesia.

Jepang kemudian diserang oleh Amerika Serikat dengan menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan 140 ribu orang lebih. Pada tanggal 15 Agustus 1945 akhirnya Jepang mengaku kalah kepada sekutu. Kekalahan itulah yang membuka kesempatan untuk raykat Indonesia memproklamasikan kemerdekannya.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 16 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta bertemu dengan Jenderal Terauchi, panglima tertinggi tentara Jepang di Asia Tenggara. Dalam pertemuan tersebut, Soekarno dan Hatta meminta kepada Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Jenderal Terauchi tidak memberikan jawaban pasti atas permintaan Soekarno dan Hatta, namun ia mengatakan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dalam waktu dekat.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno dan Hatta pada pukul 10.00 WIB. Proklamasi kemerdekaan Indonesia disaksikan oleh para tokoh nasional Indonesia dan rakyat Indonesia.

Reaksi Dunia Internasional

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan