Batuk Berdahak? Ini Cara Ampuh Keluarkan Dahak!

JABAR EKSPRES – Seseorang yang mengalami sakit batuk berdahak pasti merasakan sakit yang menyiksa khusunya pada bagian tenggorokan, untuk itu apa cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan dahak atau lendir tersebut?

Jika kamu ingin mengetahui cara-cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lendir tersebut, simak pembahasannya.

Cara Mengeluarkan Dahak

  • Banyak minum air putih

Saat kamu sedang flu atau batuk kamu bisa mengonsumsi air putih lebih banyak untuk dapat mengencerkan lendir. Konsumsi air putih yang banyak juga dapat menghidrasi dengan mengurangi sumbatan pada hidung.

BACA JUGA: 6 Obat Alami yang Dapat Sembuhkan Sariawan!

  • Minum air jahe madu

Mengonsumsi air jahe dan lemon dapat digunakan sebagai cara alamai mengluarkan lendir atau dahak saat batuk di tenggorokan.

Jahe sendiri diketahui dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan akibat sakit batuk dan untuk madu sendiri dapat membantu dalam menenangkan batuk.

Selain untuk mengatasi flu dan batuk, minuman air jahe dan madu ini dapat menghangatkan tubuh.

  • Menjaga kelembapan udara

Menjaga kelembapan udara dapat menghindarkan hidung dan tenggorokan kering, dengan begitu hidung dan tenggorokan dapat terhindar dari kemungkinan iritasi yang dapat menyebabkan lebih banyak lendir sebagai pelumas.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjaga kelembapan udaar agar lendir aatu dahak dapat dikeluarkan.

BACA JUGA: Mudah Ditemukan, Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan!

  • Berkumur dengan air garam

Air garam diketahui dapat efektif dalam membantu mengurangi iritas, selain itu dapat membantu membunuh kuman yang ada pada saluran tenggorokan, dengan begitu air garam ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan dahak atau lendir.

  • Mandi air hangat

Menghirup uap hangat dapat membantu lebih menenangkan tenggorokan, kamu bisa mandi dengan menggunakan air hangat.

Hal tersebut dapat terjadi karena uap hangat sendiri dapat melembapkan saluran pernapasan dan juga melonggarkan aliran nafas, sehingga cara ini dapat dilakukan untuk mengeluarkan dahak.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan