Wapres Ma’ruf Amin Percaya Gerakan Pramuka Ciptakan Calon Pemimpin Bangsa

JABAR EKSPRES – Wakil Presiden Ma’ruf Amin percaya bahwa Gerakan Pramuka memiliki potensi untuk menghasilkan generasi calon pemimpin bangsa karena memiliki prinsip-prinsip mulia yang membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Ini ditegaskan oleh Wapres saat memberi pembukaan pada acara Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Kota Jakarta Timur, pada hari Senin, 14 Agustus 2023.

“Saya meyakini Gerakan Pramuka akan mampu menghasilkan cikal bakal pemimpin, yaitu calon-calon penerus bangsa yang cerdas dan bertakwa, sekaligus berakhlak mulia dan berkarakter kebangsaan,” ujar Wapres.

Dalam rangkaian acara yang juga memperingati Hari Pramuka ke-62 ini, ia menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka mewakili nilai-nilai mulia yang menjadi ciri khas dari SDM berkualitas.

BACA JUGA: Masih Dibuka, Buruan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 59 di Link ini!

Menurut Wapres, dari prinsip dasar kepramukaan hingga kode etik pramuka, semua menegaskan pentingnya iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Prinsip Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka juga menggarisbawahi fokus pada perkembangan diri, kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan, serta semangat untuk berkontribusi dalam kehidupan masyarakat,” katanya.

Wapres menginginkan agar Gerakan Pramuka tetap fleksibel dan terus memodernisasi model serta pendekatan pembinaan bagi anggota pramuka Indonesia.

“Optimalkan cara-cara kontemporer yang efisien untuk memupuk rasa cinta tanah air dan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia,” tutur Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres juga mengajak generasi Pramuka Indonesia untuk memiliki keberanian untuk melakukan perubahan dan inovasi dalam setiap langkah yang mereka ambil.

“Isi ruang pembelajaran dengan berbagai ide baru. Sambil itu, teruslah mengasah dan meningkatkan kemampuan pribadi sebagai modal untuk mendorong perkembangan Indonesia,” demikian pesannya.

BACA JUGA: 18 LINK Twibbon Hari Pramuka 14 Agustus 2023 Paling Kece

Dia berharap bahwa Gerakan Pramuka akan terus melatih generasi muda Indonesia untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh mereka.

“Ke depan, saya berharap Gerakan Pramuka akan menjadi platform pengembangan individu bagi seluruh warga Indonesia dalam segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, kaum muda, hingga orang dewasa,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan