10 Bandara Tersibuk se-ASEAN, Indonesia Menjadi Nomor Satu!

JABAR EKSPRESBandara telah menjadi simbol penting dari kemajuan ekonomi dan konektivitas global di era modern masa kini.

Di dalam kawasan Asia Tenggara, ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) telah mengambil langkah penting dalam memperkuat sektor transportasi udara dengan pembangunan bandara ASEAN yang modern dan canggih.

Baca Juga: Pemerintah Resmi Menetapkan 24 Juli Sebagai Hari Kebaya Nasional! Pesona Busana Nusantara yang Elegan

Bandara ASEAN memiliki peran krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ini. Dengan menghubungkan negara-negara ASEAN dan berbagai destinasi internasional, bandara menjadi gerbang bagi perdagangan dan investasi.

Infrastruktur yang modern dan efisien di bandara telah mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi asing langsung.

Melansir dari Laporan Official Airline Guide (OAG) bandara Soekarno Hatta menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara.

Hal ini dikarenakan bandara tersebut memiliki kapasitas kursi penerbangan mencapai 2,95 juta kursi pada Maret 2023 dan 3,08 juta kursi penumpang pada bulan Juli 2023.

Berikut 10 Bandara Tersibuk se-ASEAN pada Bulan Maret 2023:

  1. Soekarno Hatta, Cengkareng: 2,95 juta kursi penumpang
  2. Changi, Singapura: 2,81 juta kursi penumpang
  3. Suvarnabhumi, Bangkok: 2,59 juta kursi penumpang
  4. Kuala Lumpur, Malaysia: 2,38 juta kursi penumpang
  5. Ninoy Aquino, Manila: 2,35 juta kursi penumpang
  6. Tan Son Nhat, Ho Chi Minh: 2,19 juta kursi penumpang
  7. Noi bai, Hanoi: 1,60 juta kursi penumpang
  8. Don Mueang, Bangkok: 1,40 juta kursi penumpang
  9. I Gusti Ngurah Rai, Bali: 1,07 juta kursi penumpang
  10. Sultan Hasanuddin, Makassar: 934.01 ribu kursi penumpang

Selain itu, bandara juga memainkan peran penting dalam memperkuat konektivitas regional. Mereka menghubungkan berbagai destinasi di ASEAN, memungkinkan orang untuk dengan mudah berkeliling kawasan ini.

Ini tidak hanya membantu pertumbuhan sektor pariwisata, tetapi juga memfasilitasi pertukaran budaya dan kerjasama antara negara-negara anggota.

Dengan lebih banyak orang dapat berinteraksi, ide-ide, budaya, dan pengetahuan dapat dengan bebas mengalir, menciptakan keragaman yang kaya dan sinergi lintas batas.

Baca Juga: Mengenal Fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD)!

Itulah 10 Bandara Tersibuk se-ASEAN pada bulan Maret 2023 dengan terus memperkuat jaringan transportasi udaranya, ASEAN mengukuhkan posisinya sebagai salah satu kekuatan ekonomi utama di dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan