Ini Waktu Terbaik Melihat Puncak Hujan Meteor Perseid 2023 Hari Ini

JABAR EKSPRES – Fenomena alam hujan meteor kembali terjadi di Bulan Agustus ini. Banyak yang penasaran apakah hujan meteor bisa terlihat jelas dari wilayah Indonesia. Berikut waktu terbaik dan tempat paling direkomendasikan untuk melihat hujan meteor.

Hujan meteor yang terjadi saat ini merupakan hujan meteor Perseid yang sudah berlangsung sejak 17 Juli lalu hingga 24 Agustus mendatang. Namun puncaknya akan terjadi pada 12-13 Agustus sekarang.

Dilansir dari laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) fenomena  ini bisa terjadi karena ada batuan meteor yang melintas menuju atmosfer bumi di antariksa.

Baca juga : Benarkah Hujan Meteor Tidak Bahaya? Begini Penjelasannya

Ketika bumi melewati orbit meteor, maka akan ada batuan yang jatuh ke atmosfer bumi. Namun jangan kuatir, karena ketika meteor masuk ke Bumi melalui atmosfer, meteor akan habis terbakar.

Sejumlah meteor yang jatuh ke Bumi akan dapat dilihat seperti tetesan hujan, sehingga dinamakan hujan meteor.

Untuk kamu yang ingin melihat secara langsung terjadinya fenomena hujan meteor, Kepala Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Emanuel Sungging menjelaskan mengenai waktu terbaik untuk melihatnya.

Hujan meteor perseid akan mencapai puncaknya pada tanggal 12 – 13 Agustus 2023, sehingga hari tersebut penampakan hujan meteor dilangit akan lebih jelas dibanding hari lain.

Baca juga : Cara Melihat Fenomena Hujan Meteor Perseid 13 Agustus 2023 di Rumah

Sedangkan waktu terbaik untuk melihatnya sekitar jam 00.14 – 05.36 WIB, dengan catatan saat langit cerah dan tidak ada awan yang menghalanginya.

Untuk lokasi terbaik melihat hujan meteor, kamu bisa memilih tempat dengan pemandangan langit yang luas dan gelap. Sehingga penampakan langit akan menjzdi lebih jelas.

Kamu juga bisa menyaksikan  fenomena hujan meteor ini dengan mata telanjang tanpa perlu menggunakan alat bantu apapun. Karena hujan meteor Perseid tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi penghuni bumi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan