Gelar Acara Peringatan Hari Anak Nasional, ini Pesan Wali Kota Cimahi!

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berpesan, untuk berupaya mewujudkan generasi muda sebagai penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas. Hal tersebut disampaikan pada acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 pada Kamis, 9 Agustus 2023.

Selain itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan mengatakan, jika anak-anak terlindungi dan hak-haknya terpenuhi, maka Indonesia akan maju.

“Pemerintah Kota Cimahi mengajak semua lapisan masyarakat untuk memberikan perlindungan dalam rangka pemenuhan hak anak,” ujar Dikdik kepada awak media di Selasar Gedung B Kantor Pemerintahan Kota Cimahi.

Acara Peringatan HAN Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023, diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi yang dilaksanakan secara tatap muka. Acara tersebut diikuti oleh perwakilan siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta di Kota Cimahi.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil Jadi Pembina, SWJ Ambassador 2023 Resmi Bertugas Promosikan Desa Wisata Jawa Barat

“Anak, menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya. Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momen penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” lanjutnya.

Selanjutnya, dirinya menyebutkan bahwa peringatan HAN merupakan momen penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak.

“Terutama atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Serta, mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ucapnya.

Anak Indonesia menempati hampir sepertiga dari total penduduk indonesia yang merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya.

Berbagai permasalahan yang menimpa anak-anak seperti kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum, dan sebagainya merupakan segelintir polemik yang harus dihadapi bersama.

“Tentunya menjadi tantangan bagi bangsa indonesia untuk mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas,” katanya.

Dirinya juga mendoakan, agar anak-anak Kota Cimahi selalu dalam kebaikan dan menjadi anak-anak yang saleh, baik, dan patuh kepada orang tua, serta gurunya di sekolah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan