Pemilu 2024 di Depan Mata, Ormas se-Kota Bandung Dapat Pendidikan Politik

JABAR EKSPRES – Organisasi Masyarakat (Ormas) di lingkungan Kota Bandung mendapatkan pendidikan politik dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Hal ini berguna agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024.

Kegiatan pendidikan politik untuk ormas tersebut dilaksanakan di Fox Hotel, Kota Bandung pada Selasa, 8 Agustus 2023. Diketahui, ada sekitar 75 ormas yang mengikuti agenda tersebut.

Ema Sumarna selaku Plh Wali Kota Bandung mengakui, hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan politik masyarakat karena ormas memiliki banyak massa.

“Hari ini pesertanya ormas. Kita berikan pendidikan politik dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan tahun depan,” ucap Ema Sumarna.

BACA JUGA: Demi Pemilu 2024 yang Kondusif, Kesbangpol Kota Bandung Beri Pendidikan Politik

BACA JUGA: Sah! DPT Kota Bandung 1,872 Juta Pemilih

“Secara berjenjang bisa menyampaikan informasi tentang aturan kepada anggotanya. Sehingga Pemilu bisa dilaksanakan secara damai sehingga kondusif,” imbuhnya.

Dia berharap, partisipan Pemilu 2024 nantinya akan meningkat dari Pemilu 2019. Ditargetkan partisipan pada pemilu kali ini berkisar di angka 90 persen. Naik 3 persen dari periode sebelumnya yang berada di angka 87 persen.

Perbedaan pilihan dalam pemilu merupakan hal yang lumrah sehingga tidak perlu adanya gesekan antar masyarakat. Dengan diadakannya pendidikan politik ini, diharapkan ormas dapat menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi gesekan di masyarakat andai terjadi.

“Beda pilihan di alam demokrasi itu lumrah dan wajar. Kita punya hak politik masing-masing. Saya yakin ormas di Kota Bandung mapan dan dewasa. Tugas ormas memberdayakan anggota untuk mendorong partisipasi masyarakat,” tuturnya. (*)

BACA JUGA: Pemilu 2024 di Depan Mata, 2200 Satlinmas Dikukuhkan Pemkot Bandung

BACA JUGA: Masa Kampanye Dipangkas Jadi 75 Hari, KPU Jabar Imbau Bacalon Menahan Diri

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan