Tingginya Minat Pengguna, Tol Bocimi Seksi II Ruas Cigombong-Parungkuda Dibuka Lebih Cepat

JABAR EKSPRES – Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II ruas Cigombong-Cibadak sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 4 Agustus 202 lalu. Ruas tersebut pun dipercepat.

Seperti diketahui bahwa Tol Bocimi Seksi II ruas Cigombong-Parungkuda rencana akan dibuka pada Senin, 7 Agustus 2023. Namun, dipercepat menjadi Minggu, 6 Agustus 2023 kemarin.

Terkait penggunaan jalan Tol Bocimi Seksi II ruas Cigombong-Parungkuda tersebut sempat dijelaskan oleh Site Quality Safety Health Environment Manager PT Waskita Karya Aswin Januar.

BACA JUGA: Tol Bocimi Seksi II Ruas Cigombong-Cibadak Diresmikan, Penantian Panjang Pembangunan Berbuah Hasil

Aswin pun membeberkan alasan mengapa dipercepat, karena tingginya minat pengguna Tol Bocimi. Sehingga, operasinal Seksi II Cigombong-Parungkuda dipercepat agar dapat segera digunakan.

“Karena tingginya minat pengguna jalan tol ini, maka kami mengambil kebijakan untuk mengoperasionalkan lebih awal yakni pada Minggu (6 Agustus 2023) sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Site Quality Safety Health Environment Manager PT Waskita Karya Aswin Januar di Sukabumi, Jawa Barat, dikutip JabarEkspres.com pada Minggu, 6 Agustus 2023.

BACA JUGA: Tol Bocimi Seksi 2 Diresmikan, Wakil Ketua DPRD Ingatkan Pemkab Sukabumi untuk Lakukan Pembenahan

Menurut Aswin, percepatan operasi ruas Jalan Tol Cigombong Parungkuda ini karena setelah diresmikan jalan tol oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 4 Agustus 2023, kendaraan yang datang dari arah Jabodetabek menuju Sukabumi meningkat yang diduga selain untuk berwisata juga ingin menjajal jalan tol baru ini.

Dengan demikian, untuk dua pekan ke depan, seluruh kendaraan yang masuk ke Jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Parungkuda, digratiskan, kecuali kendaraan yang menggunakan jalur Tol Bocimi Sesi I yang dikenakan tarif Rp14 ribu.

Selanjutnya, pengoperasian jalur ini diharapkan bisa mengurai kepadatan kendaraan di jalur utama Bogor-Sukabumi, apalagi sejak Sabtu volume kendaraan yang keluar dan masuk Sukabumi meningkat.

Dari pantauan di lokasi, pada Sabtu, 5 Agustus 2023 terjadi kemacetan panjang di jalur utama Bogor-Sukabumi tepatnya mulai dari Kecamatan Cicurug hingga Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Sementara, pengendara mobil dari Tangerang, Banten A Handoko mengatakan dirinya berangkat dari Tangerang untuk menuju Kota Sukabumi sekitar pukul 08.00 WIB pada Sabtu dan sampai Kota Sukabumi sekitar pukul 15.00 WIB atau selama tujuh jam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan