Maraton Bergaya Budaya di Acara Batik Cianjur Run 2023, Yuk Ikutannnn

JABAR EKSPRES – Biasanya, dalam dunia olahraga, pakaian yang di gunakan sederhana dan memudahkan gerakan. Namun, Cianjur siap membuat perbedaan dengan menggelar lomba lari yang mengusung tema batik khas daerah, tepatnya Batik Cianjur.

Ajang yang di beri nama “Batik Cianjur Run” ini akan di selenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Agustus 2023 mendatang. Acara ini bukan hanya menjadi ajang olahraga semata, tetapi juga perayaan spesial ulang tahun Cianjur yang ke-346. Tak hanya warga Cianjur, pelari dari berbagai kota hingga mancanegara di undang untuk ikut meramaikan acara ini.

Rizky Alfarabi, Ketua Panitia Batik Cianjur Run, menjelaskan bahwa tujuan di adakannya Batik Cianjur Run 2023 adalah untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Serta mempromosikan olahraga, sekaligus memperkenalkan budaya dan produk batik khas Tatar Santri dalam perayaan ulang tahun yang ke-346 ini.

“Kami ingin membawa semangat perayaan ulang tahun Cianjur yang selama ini rutin di adakan di wilayah kota dan selatan. kini merambah wilayah utara Cianjur melalui acara Batik Cianjur Run. Ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan keindahan batik khas Cianjur yang tak kalah menarik dengan batik dari daerah lain.” Ucapnya pada hari Minggu, 6 Agustus 2023.

Baca juga : Makna Perayaan Hari Hepatitis Sedunia 2023!

Rizky juga mengungkapkan bahwa rute lari akan menempuh jarak sekitar 5,346 kilometer. Di mulai dari Cipanas Plaza dan melintasi berbagai lokasi menarik di kawasan Cianjur utara.

“Para peserta lomba nantinya akan mengenakan pakaian dengan motif batik Cianjur yang mencerminkan identitas daerah ini. Seperti motif Hayam Pelung, beras, beladiri maenpo, serta ragam motif khas lainnya yang berasal dari Cianjur,” tambahnya.

Tak hanya itu, acara ini juga akan menghadirkan pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khas Cianjur, yang menampilkan beragam produk makanan, kerajinan tangan, dan lainnya.

“Kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Cianjur. Lebih dari 20 produk unggulan UMKM Cianjur, terutama dari para pelaku UMKM batik, akan tampil dalam Batik Cianjur Run 2023,” jelas Rizky.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan