Doa Agar Semangat Bekerja dan Menghilangkan Sifat Malas

JABAR EKSPRES – Memulai aktifitas dihari senin, kadang timbul rasa malas karena masih terbawa suasana liburan. Namun sebagai muslim yang bertanggung jawab, tidak boleh membiarkan rasa malas menguasai diri, karenanya harus memanjatkan doa agar kembali semangat untuk bekerja atau beraktifitas lainnya.

Doa agar semangat dalam bekerja ini bisa juga menjadi motivasi agar bisa menghilangkan rasa malas yang sering kali menghinggapi pikiran.

Bekerja merupakan kewajiban umat islam sebagai salah satu ikhtiar dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Karenanya kaum muslim harus memiliki semangat setiapkali melakukan ikhtiar.

Sementara sifat malas merupakan sifat setan, yang selalu membisikkan ajakan untuk menunda-nunda pekerjaan, termasuk juga agar manusia selalu menunda ibadah.

Jika sudah mengetahui bahwa bermalas-malasan merupakan sifat bawaan dari setan, maka jangan sekali-kali kita mengikutinya. Jika suatu waktu muncul rasa malas maka segera baca doa agar kembali semangat untuk melakukan aktifitas.

 Baca juga  : Doa Saat Sedang Galau dan Meminta Solusi untuk Menyelesaikan Masalah

Salah satu hadits yang juga mengupas tentang cara menghindari sifat malas ada dalam riwayat Abu Dawud berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan utang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353).

Baca juga : Doa dan Tips Agar Segera Mendapat Pekerjaan

Doa Agar Semangat Bekerja

Doa ini dimaksudkan untuk memperoleh keberkahan dalam bekerja. Dengan memohon ampunan dan kasih sayang Allah SWT, kita berharap bahwa segala usaha yang kita lakukan akan diberkahi oleh Allah SWT dan membawa hasil yang baik.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِيْ

“Allahumma ghfirli wa arhamni wa hdini warzuqni.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, berikanlah petunjuk kepadaku, dan berilah aku rezeki.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan