Persiapan Timnas Indonesia Mepet, Berikut Ini Jadwal Piala AFF 2023

JABAR EKSPRES- Berikut adalah jadwal pertandingan yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia U-23 dalam ajang Piala AFF U-23 2023, di mana lawan pertamanya adalah rival beratnya. Meskipun waktu yang tersisa kurang dari sebulan, timnas U-23 Indonesia masih menghadapi kendala dalam persiapan yang memadai.

Kendala ini disebabkan oleh sejumlah pemain yang saat ini masih aktif bermain untuk klub mereka. Situasi ini membuat pelatih Shin Tae-yong menghadapi kesulitan dalam memanggil para pemain dan mengadakan pemusatan latihan (TC) sebelum turnamen dimulai.

BACA JUGA: Aksi Heroik Ronaldo Selamatkan Al Nassr, Tembus Babak 8 Besar Arab Club Champions!

Nova Arianto, juru bicara timnas U-23 Indonesia, menyatakan bahwa “TC belum bisa dilakukan karena kita masih harus berkomunikasi dengan klub terlebih dahulu untuk melihat apakah pemain bisa dilepaskan atau tidak.” Saat ini, situasi klub yang belum dapat dipastikan bersedia melepas pemain atau tidak menjadi hal yang belum bisa diatasi sepenuhnya. Namun, timnas sedang berusaha mencari solusi terbaik untuk menghadapi situasi ini dan menyiapkan rencana untuk tim nasional ke depannya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan isyarat bahwa PSSI tidak akan menegur klub-klub yang menolak panggilan dari timnas U-23 Indonesia untuk pemain mereka. Hal ini disebabkan karena Piala AFF U-23 tidak termasuk dalam agenda FIFA, sehingga klub tidak diwajibkan untuk melepaskan pemainnya. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa saat Piala AFF U-23 2023 berlangsung, Liga 1 2023-2024 juga tetap berlangsung. “Coach Shin hari ini sudah mengetahui pemain mana yang dilepas dan tidak dilepas oleh klub,” tutur Erick Thohir.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-23 akan berlaga dalam ajang Piala AFF U-23 2023 yang akan diselenggarakan di Thailand sebagai tuan rumah. Turnamen antarpemain muda di Asia Tenggara ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 17 Agustus hingga 26 Agustus 2023 mendatang.

BACA JUGA: Empat Wakil Indonesia Siap Berlaga di Babak Perempat Final Australian Open 2023

Sebanyak 10 negara akan berpartisipasi dalam Piala AFF U-23 ini, dan mereka akan dibagi menjadi tiga grup, yaitu Grup A, Grup B, dan Grup C. Grup A akan diisi oleh empat negara, sementara Grup B dan Grup C masing-masing akan dihuni oleh tiga negara. Timnas Indonesia U-23 telah diundi untuk bermain di Grup B bersama dengan Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan