Wakil Emir Makkah Memimpin Upacara Sakral Pencucian Kabah Hari Ini

JABAR EKSPRESWakil Emir Makkah Pangeran Badr bin Sultan bin Abdulaziz, atas nama Raja Salman dari Arab Saudi, melaksanakan upacara pembersihan bagian dalam Ka’bah pada hari Rabu (2/8/2023). Upacara tersebut merupakan bagian dari tradisi tahunan pembersihan Ka’bah yang sakral.

Pada saat tiba di Masjidil Haram, Wakil Emir Makkah disambut oleh Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci, beserta sejumlah pejabat lainnya. Bersama dengan peserta lainnya, mereka membersihkan dinding bangunan suci Ka’bah menggunakan selembar kain yang dicelupkan ke dalam campuran air Zamzam, air mawar, oud, dan parfum lainnya.

Baca Juga: India Raih Predikat Kawasan Paling Kumuh di Asia, Bagaimana Rasanya Tinggal di Sana?

Sebelumnya, Presidensi Umum telah melakukan persiapan dengan menaikkan bagian bawah kiswa sebagai persiapan untuk proses pembersihan. Sebuah pameran virtual juga diadakan untuk memamerkan alat-alat yang digunakan dalam proses pencucian Ka’bah. Pameran ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman jamaah yang datang untuk shalat di Dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Selama upacara pembersihan, tangga digunakan untuk mengakses tempat suci, dan penjaga gerbang Ka’bah membuka pintunya. Setelah bagian dalam Ka’bah dicuci, para peserta upacara melakukan doa di dalamnya.

Sebagai informasi tambahan, Kiswah Ka’bah yang menutupi bagian luarnya telah diganti pada awal tahun Islam, sesuai dengan tradisi tahunan yang diikuti.

Tinggalkan Balasan