Influencer Vegan Terkenal Meninggal karena Pola Makan Ekstrem: Apa yang Perlu Diketahui tentang Diet Vegan?

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah bahaya diet vegan yang perlu kamu ketahui!

Seorang influencer vegan yang dikenal sebagai Zhanna D’Art dilaporkan meninggal dunia pada 21 Juli akibat ‘infeksi mirip kolera’ yang diperparah oleh kelelahan tubuh karena diet vegan yang ekstrem. Wanita berusia 40 tahun asal Rusia ini diketahui hanya mengonsumsi makanan seperti buah, kecambah, biji bunga matahari, dan jus selama lima tahun terakhir. Bahkan, ia membatasi pola makanannya secara drastis dalam beberapa bulan terakhir.

Kisah Zhanna Samsonova menjadi peringatan bagi kita tentang bahaya diet vegan ekstrem.

Diet vegan adalah pola makan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena alasan kesehatan, lingkungan, dan kesejahteraan hewan. Menurut Very Well Health, diet ini pada dasarnya memberikan manfaat kesehatan, seperti mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Baca Juga: Ternyata Ada Mitos Telur Bikin Kolesterol Melonjak, Benarkah?

Namun, penting untuk diingat bahwa diet vegan juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang serius, bahkan berakibat fatal. Tanpa mengonsumsi sumber protein dari daging, seseorang yang menjalani diet vegan bisa kekurangan asam amino esensial yang diperlukan untuk kesehatan tubuh secara optimal. Selain itu, tubuh juga membutuhkan nutrisi lain seperti vitamin B12, vitamin D, yodium, kalsium, dan asam lemak omega-3 yang tidak semua bisa didapatkan dari sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Bahaya Diet Vegan

Berikut beberapa bahaya kesehatan akibat diet vegan ekstrem yang perlu diwaspadai:

  1. Kekurangan Vitamin B12: Vitamin B12 adalah risiko umum bagi para penganut diet vegan. Vitamin ini penting untuk menjaga fungsi otak, produksi sel darah merah, pembentukan enzim, dan pertumbuhan sel. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, gastritis, stroke, serta penyakit Crohn dan Celiac.
  2. Risiko Stroke: Penelitian selama 18 tahun menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat meningkatkan risiko stroke hingga 20 persen. Risiko ini dikaitkan dengan kekurangan vitamin B12 yang sering terjadi pada mereka yang menjalani diet vegan.
  3. Anemia: Kekurangan zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pada orang yang menjalani diet vegan. Zat besi dan vitamin B12 penting dalam pembentukan sel darah merah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan