Menelisik Hakekat 6 Rukun Iman Sesuai Qur’an dan Sunnah

JABAR EKSPRES – Rukum iman, pasti semua umat muslim mulai dari anak kecil hingga dewasa sudah tahu poin-poinnya. Jika hanyas ebagat menghafalnya saja, mungkin akan mudah, namun bagaimana kita memahami hakekat didalamnya. Berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai hakekat rukun iman menurut Al Quran dan Sunah.

Rukun iman merupakan enam prinsip fundamental dalam agama Islam yang menjadi landasan keimanan bagi setiap muslim. Rukun iman berfungsi sebagai pondasi yang kokoh dalam membangun keyakinan dan hubungan spiritual dengan Allah.

Dengan mempercayai dan meyakini keberadaan Allah, malaikat, Al quran, Rosul, hari kiamat serta Qodho dan Qodhar, maka manusia akan semakin mantab dalam melakukan ibadah. Karena memiliki tujuan dan dasar dalam menjalankannya.

Keenam rukun iman ini ditegaskan dalam Al-Qur’an dan diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits-haditsnya. Berikut penjelasan mengenai hakekat rukun iman yang harus kita ketahui:

1. Iman kepada Allah (Tauhid)

Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang paling pokok dan menjadi inti dari ajaran Islam. Ini berarti percaya bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan tidak ada tuhan selain-Nya. Allah adalah pencipta alam semesta dan segala isinya.

Sebagai contoh, dalam Surah Al-Baqarah 21-22, Allah berfirman:

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang Telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, mudah-mudahan kamu bertakwa.”

Baca juga :  Moderasi Beragama Akan Diterapkan Kemenag, Bagaimana Maksudnya?

2. Iman kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah keyakinan bahwa Allah menciptakan malaikat sebagai makhluk halus yang memiliki tugas-tugas tertentu. Malaikat adalah perantara antara Allah dan manusia, menyampaikan wahyu dan menjalankan tugas-tugas-Nya.

Dalam Surah Al-An’am 93, Allah berfirman:

“Dan sekiranya Kami turunkan malaikat kepada mereka, dan orang-orang mati menghadapkan diri kepada mereka, dan segala perkara diatur bagi mereka, tentu (mereka tetap mempertikai perkara itu) seperti pertikaian mereka tentangnya. Sungguh, orang-orang yang zalim hanyalah tertipu oleh kesesatan.”

3. Iman kepada Kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah berarti percaya bahwa Allah menurunkan kitab-kitab-Nya sebagai petunjuk bagi umat manusia. Kitab-kitab ini termasuk Al-Qur’an yang menjadi pedoman utama umat Islam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan