KTT Afrika dan Poros Barat Mengutuk Aksi Kudeta Militer Niger

JABAR EKSPRES – Uni Afrika dan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) pada hari Rabu mengutuk “percobaan kudeta” di Niger.

Uni Afrika dan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat juga menyerukan agar Presiden Mohamed Bazoum dibebaskan dari penahanan yang dilakukan pengawalnya.

Dalam pernyataan yang diposting di media sosial, Ketua Moussa Faki Mahamat dari Komisi Uni Afrika menyatakan kecaman kerasnya sebagai reaksi atas laporan bahwa anggota pengawal presiden Niger telah menahan Presiden Mohamed Bazoum di dalam istana.

“Diberitahu tentang upaya anggota militer tertentu untuk merusak stabilitas institusi demokrasi dan republik di Niger, yang sama saja dengan upaya kudeta, (Faki) mengutuk keras tindakan anggota militer tersebut,” katanya.

BACA JUGA: 5 Menteri Ditangkap oleh Junta Militer Niger setelah Penangkapan Presiden Bazaoum

“Pimpinan ECOWAS tidak akan menerima tindakan apa pun yang menghalangi kelancaran fungsi otoritas yang sah di Niger atau bagian mana pun di Afrika Barat,” kata Tinubu, yang juga presiden Nigeria.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borell mengatakan dia “sangat prihatin dengan kejadian terkini di Niamey”.

Ia juga mengatakan bahwa Brussel mengecam atas setiap “upaya untuk mengacaukan demokrasi dan mengancam stabilitas Niger”.

Sekjen PBB Antonio Guterres juga mengutuk “segala upaya untuk merebut kekuasaan dengan paksa”.

Seorang juru bicara PBB mengatakan bahwa Guterres kemudian berbicara dengan Bazoum dan menyatakan “dukungan penuh dan solidaritasnya”.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang menyerukan pembebasan Bazoum. “Amerika Serikat sangat prihatin dengan perkembangan hari ini di Niger,” kata Gedung Putih. “Kami secara khusus mendesak unsur pengawal presiden untuk membebaskan Presiden Bazoum dari penahanan dan menahan diri dari kekerasan.”

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Kanada Telah Merembet Hingga Perbatasan Amerika Serikat, Ratusan Hektare Dilahap si Jago Merah!

Kronologi Kudeta Niger

Melansir Wikipedia, Pada tanggal 26 Juli 2023, sebuah peristiwa yang mencengangkan membelenggu negeri Niger, di mana tentara kebanggaan penjaga kepresidenan menarik nafas terkejut, menahan takhta sang pemimpin, Presiden Mohamed Bazoum.

Sementara itu, sekelompok patriot berbaju seragam juga menentang kekuasaannya, mengumandangkan deklarasi penggulingan yang menderu, menghadirkan kisah baru dalam sejarah negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan