Inilah 3 Manfaat Terong Ungu bagi Kesehatan!

JABAR EKSPRES – Terong ungu merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang bisa diolah menjadi beragam masakan. Selain itu, terong ungu juga kaya akan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K merupakan kandungan dalam terong ungu. Selain itu, terdapat pula zat besi, Antosianin, Ellagic Acid, dan Phycocyanian.

Dilansir dari laman Healthier Steps pada Minggu, 30 Juli 2023,  lima manfaat ini merupakan mengonsumsi terong ungu bagi kesehatan.

  1. Upaya Pencegahan Kanker

Terong ungu memiliki berbagai macam senyawa untuk melawan kanker, antara lain anthocyanin, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs), dan asam klorogenat yang sudah terbukti mampu untuk mencegah penyakit kanker.

Selanjutnya, Asam klorogenat dapat mencegah radikal bebas seta menghambat pertumbuhan tumor, dan proliferasi sel kanker.

Chlorogenic acid juga memiliki peran penting untuk antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: Jenius Dukung Pocari Sweat Run Indonesia 2023 Melalui Rangkaian Acara #laribarengjenius, Melanie Putria Berbagi Cerita Inspiratif

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terong kaya akan bioflavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah. Ini akan mengurangi stres pada jantung, meningkatkan sirkulasi dan secara umum meningkatkan sistem kardiovaskular yang sehat.

Serat dalam terong ungu dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. HDL yang rendah juga dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Terong tidak hanya meredakan semua jenis masalah pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dimakan bersama terong.

Terong kaya akan prebiotik, sejenis serat yang membantu memberi makan bakteri usus baik (probiotik) dan meningkatkan jumlahnya. Probiotik sangat penting untuk usus yang sehat, otak yang sehat, dan sistem kekebalan yang kuat.

Serat dalam terong juga memainkan peran penting dalam mendorong buang air besar secara teratur, mencegah sembelit dan merangsang sekresi lambung, dan membantu dalam pengolahan makanan dan penyerapan nutrisi.

Baca juga: Viral! Foto Santriwati Pegang Airsoft Gun, Begini Tanggapan Polda Jatim

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan