Tahun 2024 Film Indonesia Akan Dikirim untuk Berkompetisi di Piala Oscar

JABAR EKSPRES- Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) kembali merencanakan untuk mengirimkan film Indonesia dalam kompetisi Piala Oscar 2024 di Amerika Serikat. Pengumuman tersebut dibuat oleh Ketua Umum PPFI, DR Deddy Mizwar, pada Senin (31/7) petang di kantor PPFI, Pusat Perfilman H Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta.

Deddy Mizwar menyampaikan hal tersebut setelah mengadakan rapat dengan Komite Seleksi Oscar Indonesia. Tim Juri ini bertugas untuk menyeleksi dan menetapkan satu film Indonesia yang akan menjadi utusan resmi dalam kompetisi Academy Awards ke-96 yang akan berlangsung pada bulan Maret 2024.

BACA JUGA: Karakter Mencuri Perhatian di Trailer Loki Season 2 yang Diperankan Oleh Ke Huy Quan

Komite Seleksi Oscar Indonesia terdiri dari sembilan orang yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dalam industri perfilman, yang dipilih berdasarkan kemampuan individu masing-masing. Anggota komite tersebut adalah Selamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti, dan DR Deddy Mizwar sendiri sebagai Ketua Komite Seleksi. Mereka akan memilih satu judul film dari sekitar 100 produksi nasional yang telah tayang mulai dari 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Tentu saja, film-film ini harus telah lulus sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF).

Dalam rapat Komite Seleksi Oscar Indonesia yang berlangsung di Jakarta pada Senin, 31 Juli 2023, Deddy Mizwar juga menyampaikan pentingnya peran serta pemerintah dalam mendukung pembiayaan promosi film dalam ajang Piala Oscar.

Terkait pengiriman salah satu film Indonesia ke ajang Oscar ke-96, Dede mengungkapkan bahwa tim juri nantinya bertugas untuk menyeleksi dan menetapkan satu film Indonesia yang akan menjadi utusan resmi dalam kompetisi dalam kategori Internasional Future Film Award.

BACA JUGA: Dunia Hiburan Kembali Berduka, Aktor Muda Angus Cloud Meninggal Dunia

Komite Seleksi Piala Oscar Indonesia terdiri dari sembilan orang yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dalam industri perfilman, yang dipilih berdasarkan kemampuan individu masing-masing.

Zairin Zain, selaku Sekjen PPFI dan Ketua Panitia Seleksi Oscar, menjelaskan bahwa film yang berhak mengikuti seleksi harus tayang antara 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Selain itu, film tersebut harus telah lulus sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan