Kerjasama Pendidikan dalam Musik Indonesia-Jepang!

JABAR EKSPRES – Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo telah menjajaki kerjasama dalam bidang pendidikan musik dan memperkenalkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kepada institusi pendidikan di Jepang.

Baca Juga: Risiko Kecelakaan Teknologi pada Industri Berisiko Tinggi!

Kebijakan MBKM adalah inisiatif yang dianggap sebagai terobosan penting dan perlu disosialisasikan ke berbagai institusi pendidikan di Jepang yang memiliki potensi menjadi mitra akademik dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia. Atdikbud KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, menekankan pentingnya sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan MBKM agar berbagai aktivitas akademik seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, kerja sama riset, dan penyelenggaraan seminar bersama yang mendukung MBKM dapat meningkat.

“Kebijakan MBKM merupakan sebuah terobosan yang mesti disosialisasikan pada berbagai institusi pendidikan di Jepang yang berpotensi menjadi mitra dalam kerja sama akademik dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia,” kata Atdikbud KBRI Tokyo Yusli Wardiatno. Dikutip Jabar Ekspres dari Antaranews.

Dalam kunjungannya ke Tokyo College of Music (TCM), perguruan tinggi terkemuka dan tertua dalam bidang musik di Jepang, Wardiatno menyampaikan pesan tersebut. TCM memberikan sambutan baik terhadap kebijakan MBKM karena memberikan mahasiswa kesempatan untuk memiliki kendali lebih besar atas pendidikan mereka dan fleksibilitas dalam menentukan jalur pendidikan sesuai minat dan bakat masing-masing.

TCM juga mengekspresikan minatnya untuk menjadi mitra Kemdikbudristek dalam Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas luar negeri, termasuk di Jepang.

Selain itu, TCM juga menyatakan minatnya untuk membuka kampus atau program pendidikan musik di Indonesia. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang berminat dalam bidang musik untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang.

Wakil Rektor TCM, Atsuko Okada, menyatakan bahwa mereka ingin memperkuat kerja sama pendidikan dengan Indonesia. Mereka sangat tertarik menjadi mitra Kemdikbudristek dalam program IISMA dan melihat peluang membuka kampus di Indonesia sebagai hal yang menarik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan