Hati-hati Modus Penipuan Phishing Berkedok Video Barbie Palsu

JABAR EKSPRES – Siapa yang sangka film Barbie arahan Greta Gerwig bisa melejit menjadi salah satu film dengan penjualan tertinggi tahun ini? Wah, pencapaian luar biasa! Dilaporkan bahwa film Barbie ini berhasil meraup keuntungan mencapai USD 155 juta atau sekitar Rp2,3 triliun hanya di akhir pekan pembukaannya di Amerika. Wow!

Tentu saja, popularitas film ini tidak main-main. Banyak bioskop di seluruh penjuru negara dipadati penonton yang antusias menyaksikan akting keren dari Margot Robbie dan Ryan Gosling. Tak heran kalau Amerika Serikat dan Kanada menjadi dua negara yang paling mendulang pendapatan besar dari film ini sepanjang tahun.

Baca Juga: Nonton Di Hari Jumat! Ini Dia Jadwal Film Insidious The Red Door di CGV Jakarta

Tapi, di balik kesuksesan yang gemilang ini, ada hal yang perlu kita waspadai. Baru-baru ini, perusahaan keamanan siber McAfee melaporkan bahwa beberapa minggu terakhir telah terjadi peningkatan kasus penipuan phishing yang memanfaatkan video film Barbie palsu. Ya ampun, kreativitas para penipu tak ada habisnya!

Jadi begini ceritanya, para scammers memanfaatkan popularitas film Barbie untuk menjerat korbannya. Mereka berusaha mengelabui kita dengan menggunakan bentuk rekayasa sosial. Gaya mereka cukup pintar, dengan mengirimkan email, teks SMS, atau pesan di media sosial yang seolah-olah terlihat seperti tawaran menarik terkait film Barbie.

Bahkan, laman resmi Polri telah mengingatkan kita tentang modus operandi para pelaku kejahatan siber ini. Mereka akan menyematkan link atau lampiran berbahaya di email atau pesan yang nantinya akan mencuri informasi pribadi kita. Hati-hati, ya!

Baca Juga: Lucinta Luna Sebar Undangan Tunangan dengan Pria Bule, Warganet: Ini Real Apa Konten?

Jadi, saat Anda menerima tautan download film palsu terkait Barbie, lebih baik waspada. Jangan sampai terkecoh dan mengklik sembarangan. Link tersebut bisa saja menyimpan malware, virus, atau iklan berbahaya yang bisa merusak perangkat Anda.

Menurut Steve Grobman, CTO McAfee, para penjahat dunia maya ini selalu mencari cara agar phishing dan penipuan lainnya terlihat lebih menarik dan dapat dipercaya. Jadi, kita harus tetap waspada dan selalu berhati-hati dalam menjaga informasi pribadi kita.

Tinggalkan Balasan