5 Kisah Penting Penuh Hikmah yang Tertuang dalam Surat Al Baqarah

JABAR EKSPRES – Surat Al Baqarah merupakan surat ke-2 dalam Al-Quran, terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata dan 25.500 huruf. Surat Al-Baqarah termasuk salah satu surat terpanjang dalam Al Quran.

Surat Al Baqarah merupakan surah yang turun di Madinah sehingga disebut dengan Surah Madaniyah. Al Baqarah merupakan salah satu yang diistimerakan, didalamnya terdapat beberapa ayat yang wajib dihafalkan bagi umat manusia karena manfaatnya yang dahsyat, salah satunya adalah ayat kursi.

selain itu, surat ini juga mengandung banyak kisah penting yang berisi pelajaran dan hikmah bagi kehidupan umat manusia.

Keutamaan membaca Surat Al Baqarah sangat banyak, apalagi bila bisa mengetahui makna didalamnya dan mengamalkannya.

Baca juga : Pentingnya Membaca Dua Ayat Terakhir Al Baqarah Sebelum Tidur

Berikut adalah beberapa kisah yang termuat dalam Surat Al-Baqarah:

1. Kisah Adam dan Hawa (Ayat 30-39)

Surat Al Baqarah menyampaikan kisah tentang penciptaan Adam dan Hawa serta peristiwa di Surga, di mana Allah SWT mengharamkan mereka untuk mendekati pohon tertentu.

Namun, setan menyesatkan mereka, dan keduanya tergoda untuk memakan buah dari pohon tersebut. Kisah ini mengajarkan tentang pentingnya taat kepada perintah Allah dan menghindari tipu daya setan.

2. Kisah Bani Israel (Ayat 40-103)

Surat Al Baqarah juga banyak menyampaikan kisah tentang Bani Israel, keturunan Nabi Yakub AS. Kisah ini meliputi kejadian mereka keluar dari Mesir di bawah pimpinan Nabi Musa AS, menerima Taurat, dan berbagai ujian dan cobaan yang mereka hadapi.

Kisah-kisah ini memberikan pelajaran tentang kesetiaan kepada Allah, konsekuensi ketidaktaatan, dan pentingnya mengikuti petunjuk-Nya.

3. Kisah tentang Ibrahim AS (Ayat 124-141)

Surat Al Baqarah juga mengandung kisah tentang Nabi Ibrahim AS, termasuk ketika Allah menguji kesetiaannya dengan perintah untuk menyembelih putranya, Isma’il.

Ibrahim AS menunjukkan ketaatan dan kepatuhan yang luar biasa dalam menghadapi ujian ini, dan akhirnya Allah menggantinya dengan seekor domba sebagai tanda pengganti. Kisah ini mengajarkan tentang kepasrahan dan kepercayaan sepenuhnya kepada Allah.

Baca juga : Contoh Ceramah! Kultum Materi Keutamaan Surat Al-Baqarah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan