Si Sultan, Satu-satunya Domba Bertanduk 4 Milik Seorang Peternak di Sumedang

JABAR EKSPRES, SUMEDANG – Pertenak hewan, Cucu Suryaman (49) memiliki herwan ternak yang bernama si Sultan. Yakni salah satu hewan domba yang memiliki 4 tanduk di kepalanya.

Salah seorang peternak Cucu ini tinggal dan beternak hewan di Dusun Hiji Rt 02 Rw 03 Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Cucu mengaku, bahwa sejak dirinya menjadi peternak hewan, khususnya domba. Baru kali ini, ia mendapati domba yang menumbuhkan 4 tanduk dikepalanya.

“Baru kali ini saya miliki domba dengan 4 tanduk ini, langka memang. Bahkan, saya juga sudah berkeliling ke para peternak dan menanyakan terkait dombanya masing-masing, tak ada satu pun yang memiliki tanduk seperti Si Sultan” Terangnya kepada Jabar Ekspres, Kamis 27 Juli 2023, siang.

BACA JUGA : Kejari Depok Selamatkan Uang Negara Senilai Rp3,1 Miliar

Domba milik pak Cucu ini, memiliki bobot sekitar 80 kilogram. Dengan karakternya yang lebih agresif dan cenderung lebih galak, dibandingkan dengan domba-domba pada umumnya.

“Untuk perawatanya sama dengan domba pada umumnya, malah Si Sultan ini dia makanya tidak rewel, apapun yang berbau rumput pasti dimakan” Ujarnya,

Cucu  mengatakan, bahwa dombanya tersebut sempat dikawinkan dengan domba lain, tentu dengan harapan agar peranakanya bisa memiliki 4 tanduk juga. Namun, cita-cita itu tidak pernah terwujud.

“Pernah dikawinkan, tapi peranakanya tetep aja tanduknya biasa. Bahkan, induk dari Si Sultan ini juga biasa saja, namun Si Sultan ini merupakan anak tunggal dari indukanya.

BACA JUGA : Lagi Lagi! Geng Motor di Sukabumi Serang Penjual Nasi Goreng

Cucu  yang sejak 4 tahun menjadi Ketua Kelompok Tani Maju Bersama, sudah berniat sejak diketahui bahwa domba bernama Si Sultan ini memiliki 4 tanduk dikepalanya.

“Pokonya sejak terlihat ‘senggehan’ (pucuk tanduk) yang keluar itu ada 4. 2 tanduk keluar dari atas, 2 tanduk keluar dari kedua sisi kanan dan kirinya. Niat saya tidak akan menjualnya. Paling nanti kalau terjadi mubah atau usia dombanya terlampau tua, saya berencana akan menyembelihnya untuk hajat seribu tahun mendiang ibu,” Katanya

Demikian, Cucu meyakini Si Sultan merupakan hadiah dan membawa hoki untuknya. Sampai saat ini, domba khusus untuk dijajakanya tengah tersisa 6 ekor dari sebelumnya 20 ekor sejak setelah lebaran kurban.(mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan