Potensi dan Pemetaan Sosial oleh Mahasiswa UIN SGD Bandung Melalui KKN Sisdamas Moderasi Beragama

JABAR EKSPRES – Sejumlah kelompok mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, hingga tanggal 26 Juli 2023, telah menyelesaikan siklus 1 kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sistem Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas) Moderasi Beragama tahun 2023. Siklus tersebut meliputi sosialisasi awal, rembug warga, refleksi sosial, dan pemetaan sosial.

Kegiatan KKN Sisdamas Moderasi Beragama tersebut sudah berlangsung sejak 11 Juli 2023 dan akan berakhir pada 19 Agustus 2023 mendatang. Bertempat di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Subang, dan Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA: Gali Potensi Desa Wisata dan Kesejahteraan Masyarakat, Mahasiswa ISBI KKN di Kabupaten Bandung

Juga dengan peserta KKN yang berlokasi di Desa Curugreja, Kecamatan Sukasaru, Kabupaten Subang yang terdiri dari Kelompok KKN 127, Kelompok KKN 129, dan Kelompok KKN 349 di bawah bimbingan Dosen Pembimbung Lapangan (DPL) Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM. Para peserta telah menyelesaikan siklus 1 dari tahapan KKN Sisdamas Moderasi Beragama tahun 2023.

“Melalui kolaborasi dan sinergitas antara mahasiswa peserta KKN dengan Kepala Desa Curugreja, beserta jajaran, beserta seluruh masyarkat, telah dihasilkan pemetaan sosial yang berkaitan dengan bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, sumber daya manusia, dan kemanan,” ujarnya.

“Dari hasil pemetaan sosial tersebut, selanjutnya akan dibentuk pengorganisasian masyarakat yang siap untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan berbagai bidang yang telah ditetapkan,” imbuh Ateng.

BACA JUGA: Sempat Hits dengan Program Rebo Nyunda, Pemkot Kembali Tanamkan Nilai Kasundaan di Sekolah

Kepala Desa Curugreja Alih Munandar, menjelaskan bahwa potensi Desa Curugreja dalam mendukung pemetaan sosial ini akan dimaksimalkan. Seperti, potensi lahan pertanian, peternakan, dan juga ada kolam renang, serta kesiapan untuk gotong royong.

Alih Munandar juga berharap kepada semua mahasiswa peserta KKN bisa menyelesaikan siklus selanjutnya dari kegiatan mereka tersebut dan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan