UI Mendorong Penggunaan Motor Listrik untuk Transportasi!

JABAR EKSPRES – Universitas Indonesia (UI) telah mendorong penggunaan motor listrik sebagai sarana transportasi ramah lingkungan bagi sivitas akademika dalam kawasan kampus mereka. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI, Dedi Priadi, menjelaskan bahwa sebagai kampus hijau, UI berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup melalui berbagai program, salah satunya adalah pemanfaatan kendaraan listrik.

Baca Juga: Gerakan 4M Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah di Kota Tangerang

Penggunaan kendaraan listrik di kampus memberikan beberapa manfaat penting, seperti pengurangan emisi gas rumah kaca, meningkatkan kualitas udara, dan menghemat energi. Langkah-langkah yang diambil untuk mengembangkan penggunaan kendaraan listrik di area kampus meliputi menyediakan fasilitas pengisian daya yang memadai, melakukan penelitian dan pengembangan teknologi kendaraan listrik, serta mengampanyekan program edukasi tentang manfaat kendaraan listrik dan konservasi energi.

“Penggunaan kendaraan listrik di kampus memiliki sejumlah manfaat, antara lain pengurangan emisi gas rumah kaca, kualitas udara lebih baik, dan hemat energi,” katanya. Dikutip Jabar Ekspres dari Antaranews.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, UI berharap dapat menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta memberikan kontribusi positif dalam mengatasi perubahan iklim. Dalam upaya mendukung penggunaan motor listrik, UI menjalin kerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia untuk menyediakan transportasi ramah lingkungan bagi sivitas akademika UI.

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, PT Grab Teknologi Indonesia menyediakan 22 motor listrik GrabElectric Viar tipe New Q1 yang dipinjamkan kepada UI selama satu tahun. Motor listrik tersebut akan digunakan untuk membantu mobilitas para pegawai dan dosen di lingkungan kampus UI Depok. Selain itu, Grab Indonesia juga membangun selter motor listrik di depan Perpustakaan Pusat UI untuk meningkatkan akses transportasi publik yang lebih baik dan nyaman bagi warga UI dan masyarakat umum yang berada di kawasan Kampus UI Depok.

Baca Juga: Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru UI 2023!

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, berharap bahwa selter motor listrik yang modern dan efisien ini akan meningkatkan mobilitas sivitas akademika dan seluruh warga UI, mengurangi kemacetan, serta berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan