Suzuki New GSX250R Jadi Motor Primadona Bagi Kaum Penantang Jalanan, Benarkah?

JABAR EKSPRES – Di akhir bulan Juli 2023, Suzuki akhirnya bikin heboh dengan merilis versi terbaru mesin 250cc, yaitu Suzuki new GSX250R versi 2024. Motor ini punya nuansa khas seri GSX dengan desain headlamp model tunggal yang bikin penasaran apa bedanya dengan generasi sebelumnya. Wah, bakal jadi pesaing serius nih buat CBR, R25, dan CBR250RR!

Suzuki emang udah terkenal dengan performa motornya yang keren banget. Dari dulu sering bikin kejutan, termasuk di ajang balap MotoGP. Tapi, ada satu kelemahan mendasar mereka, yakni kurang fokus dalam inovasi motor mass-produced.

Rasanya kurang semangat dan serius, deh. Setiap langkah mereka kurang maksimal, mulai dari spesifikasi mesin, fitur, sampe desain. Padahal, kemampuan mereka nggak bisa dipandang remeh. Nah, hal ini juga terlihat di generasi terbaru GSX-250R yang baru aja diluncurkan.

Baca Juga: Dengan Harga Tetap 19 Jutaan, Honda Genio Hadirkan Nuansa Warna Baru

Soal desain, ternyata enggak banyak yang berubah. Kalo dilihat dari gambar, designnya masih keren dan sporty, lebih bagus dibanding adiknya, GSXR150. Lihat aja headlamp-nya yang pas dan enak dilihat.

Meski cuma pakai lampu tunggal, GSX250R tetap keliatan mantap. Bentuk bodinya juga oke, nggak berlebihan atau kecil banget. Cuma ya, desainnya terlihat agak kuno sih.

Iya, bentuk desain GSX-250R udah lama dipakai. Artinya, pengembangan motor 250cc ini keliatannya udah berhenti di tempat. Suzuki cuma ngasih sentuhan warna baru, harapannya mungkin biar pasar lebih antusias.

Di generasi 2024, Suzuki hadirin dengan warna baru, pearl white. Keren banget, putihnya bikin kesan elegan. Warna putih ini dikombinasikan dengan garis-garis minimalis warna biru dan hitam. Dan jangan lupa, Suzuki nambahin stiker di rim roda biar nggak keliatan polos.

Soal dapur pacu, masih sama aja, nggak ada perombakan berarti. Mereka cuma atur ulang emisi gas buang supaya lebih ramah lingkungan. Mesin motor 250cc ini pakai model SOHC 4 katup 2 silinder dengan tenaga mencapai 24PS dan torsi 22Nm.

Nggak istimewa sih, apalagi bobot motor ini cukup berat, 181 kg. Kalo dibandingin sama ninja, CBR, atau R25 yang main di kisaran 164-172kg. Nggak berlebihan juga karena mesin yang dipakai di Suzuki GSX250R masih dari model lama, yaitu Inazuma. Jadi kalo ada yang tanya, apakah motor ini sang pembunuh? Ya jelas nggak lah, coba aja bandingin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan