Komisi IX DPR RI Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ‘Gema Cermat’

JABAR EKSPRESAnggota Komisi IX DPR RI, dari Fraksi Partai Golkar, Wenny Haryanto bersama Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (25/7).

Menurut Wenny Haryanto sosialisasi Gema Cermat sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dalam menggunakan alat-alat kesehatan dan obat-obatan.

BACA JUGA: Peringati Hari Anak, Menteri PPPA: Perlindungan Anak Merupakan Tugas Bersama

“Kita harus menjadi konsumen dan orang yang cerdas dalam menggunakan alat-alat kesehatan dan obat-obatan,” ujar Wenny.

Politisi Golkar ini juga mengingatkan masyarakat agar saat membeli obat harus memperhatikan kemasan label obat, izin edar, dan kadaluarsa.

“Obat merupakan zat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kondisi tubuh di saat sakit. Perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat paham terkait obat dengan sumber yang terpercaya,” katanya.

“Kementerian kesehatan memiliki program Gema Cermat yang melibatkan beberapa sektor. Jadi masyarakat sebelum menggunakan atau membeli obat juga harus dicermati kemasan label obat, ijin edar dan kadaluarsanya,” tambahnya.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam rangka sosialisasi Germas, kegiatan diselenggarakan pembentukan prilaku masyarakat yang disiplin agar lebih sehat.

“Sebagai anggota komisi IX, saya selalu mengajak menjaga kesehatan dalam rangka menjaga imunitas diri, keluarga dan lingkungan demi Indonesia yang sehat. Sebab sehat merupakan investasi,” kata Wenny.

BACA JUGA: Mantap! Kampung Patuh Lodaya Bentukan Satlantas Polresta Bogor Tersebar di 6 Kecamatan

Kegiatan tersebut juga dihadiri Perwakilan Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Denti Widayanti, Perwakilan Dinkes Provinsi Jawa Barat Warningsih dan Raden Hermalia, Kabid SDK Dinkes Kota Depok Juri Hendrajadi, Polsek Sukmajaya, Banser dan Ansor Sukmajaya, Ketua RT RW wilayah Kecamatan Sukmajaya, Pengurus FPK Kecamatan Sukmajaya, Kader PKK dan Posyandu, beserta Tokoh Masyarakat Masyarakat Kota Depok H. Sarmili, RW Dayat dan lainnya.(mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan