Flu Datang? Berikut Makanan yang Cocok Untuk Meredakan Flu Agar Pulih Lebih Cepat

Baca juga : Meningkatnya Kasus Gagal Ginjal Di Singapura Yang Naik Signifikan, Ini Alasannya

  1. Yoghurt

Tubuh Anda butuh pasukan probiotik untuk melawan flu. Yoghurt adalah sumber probiotik dan protein yang luar biasa. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, probiotik dalam yoghurt membantu menekan pertumbuhan bakteri jahat dan memperkuat bakteri baik di usus Anda.

  1. Jahe

Sejak lama, jahe telah menjadi obat tradisional yang ampuh meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan akibat flu. Bahkan, riset telah membuktikan efek antivirusnya. Untuk manfaat optimal, nikmati teh jahe hangat dengan sentuhan madu dan lemon yang akan membuat flu lari terbirit-birit!

  1. Madu

Tak hanya jahe, madu juga merupakan obat tradisional yang efektif meredakan flu. Dengan khasiat antioksidan dan antiradangnya, madu akan meringankan gejala flu Anda. Namun, ingatlah untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan keracunan atau botulisme.

  1. Cabe

Kandungan capsaicin dalam cabe memang membuatnya terasa pedas, tetapi jangan salah! Cabe dapat mengencerkan dahak dan lendir di hidung serta tenggorokan, sehingga efektif meredakan gejala batuk dan pilek karena flu. Selain itu, vitamin C dan antioksidannya tinggi, menjadikan cabe pilihan tepat untuk menu flu Anda.

Tak hanya itu, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, dan rempah-rempah seperti kunyit dan bawang putih juga dapat menjadi teman setia Anda dalam meredakan flu.

Pentingnya Menghidrasi Tubuh Saat Flu

Ingatlah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat flu melanda. Selain air putih, Anda bisa menikmati teh hangat dengan tambahan madu, air kelapa, atau teh herbal seperti chamomile yang juga bermanfaat dalam meredakan flu.

Baca juga :  Pria Dari Swiss Jadi Pasien Keenam Di Dunia Yang Sembuh HIV! Harapan Baru Bagi Dunia Medis

Ketika flu datang, beristirahatlah dengan cukup. Tidur selama 7-9 jam setiap malam akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Jauhi merokok dan asap rokok agar saluran pernapasan tidak semakin teriritasi.

Meskipun makanan-makanan di atas dapat meredakan flu, jika gejala tidak kunjung mereda atau bahkan muncul gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti sesak napas, demam, dan kehilangan kemampuan mencium bau, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan