Unik! Grup Musik Ibu Ibu Mother Bank di Jatiwangi Punya Album ‘Tanggung Renteng’

JABAR EKSPRES – Viral grup musik ibu-ibu Mother Bank di Jatiwangi miliki album perdana Tanggung Renteng.

Dunia media sosial sedang dihebohkan dengan penampilan musik ibu-ibu yang bernama Mother Bank.

Warganet menyoroti ciri khas yang nyentrik di grup musik Mother Bank tersebut yaitu pakaian serba pink yang mencolok dengan kerudung yang menjulang tinggi.

Mengutip informasi dari kanal YouTube Yes No Wave Music, Mother Bank memiliki album perdana Tanggung Renteng yang membagikan ceritanya seputar perempuan yang jadi nasabah bank emok (bank keliling).

Tanggung renteng sendiri memiliki arti ditanggung bersama-sama dan biasanya dilakukan saat nasabah mengikuti bank keliling.

Kehidupan para perempuan yang menjadi nasabah bank keliling itu diceritakan lewat album Mother Bank, mereka bertahan hidup dengan menggali lubang tutup lubang hingga melihat bagaimana lahan persawahan berubah jadi pabrik secara perlahan.

BACA JUGA: Girlband Emak-Emak Pakai Outfit Unik Viral di Medsos, Lagunya Lucu Banget Loh!

Album Tanggung Renteng memiliki salah satu lagu yang sudah rilis berjudul ‘Jalan-Jalan’.

Sebenarnya Mother Bank sendiri merupakan bank eksperimental yang memiliki bentuk bank keliling (bank emok) yang berada di Jatiwangi, Majalengka dan diinisiasi oleh kelompok riset artistik Badan Kajan Pertahanan.

Bank keliling pada umumnya diketahui memiliki bunga yang cukup tinggi. Sementara yang menjadi pembeda, Mother Bank dikelola bersama-sama dengan bunga pinjaman 0 %.

Salah satu aktivitas hasil dari Mother Bank adalah adanya sebuah kelompok musik di mana para nasabah adalah personilnya.

Menggunakan musik keramik yang dikenalkan oleh Jatiwangi art Factory, dan saat ini telah menjadi musik tradisi di Jatiwangi.

Kelompok musik ini membagikan pengalaman para nasabah sebagai perempuan yang hidup di tengah perubahan lansekap wilayah Jatiwangi menuju wilayah industri manufaktur terbesar di Pulau Jawa.

BACA JUGA: Keseruan Konser Taeyeon di Jakarta, dari Kejutan Dalam Lagu “Fine” Hingga Fans Project Rainbow Ocean

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan