Pria Swiss Berhasil Sembuh dari HIV dengan Terapi Kanker Darah

HIV adalah penyakit yang sulit disembuhkan karena virusnya bersembunyi dalam sel kekebalan yang tidak bereplikasi, yang dikenal sebagai reservoir virus. Pengobatan HIV standar hanya efektif untuk sel-sel yang aktif dalam memproduksi salinan virus baru. Sehingga, virus yang bersembunyi ini tetap tidak terdeteksi oleh pengobatan antiretroviral dan bisa kembali berkembang dalam waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah pengobatan dihentikan.

Meskipun Pasien Jenewa telah menghentikan pengobatan antiretroviral dan belum menunjukkan tanda-tanda virus selama 12 bulan terakhir, para peneliti masih belum sepenuhnya yakin bahwa HIV tidak akan kembali muncul pada dirinya.

Asier Saez-Cirion menyatakan, “Kemungkinan virus tidak terdeteksi di masa mendatang akan meningkat secara signifikan jika tidak ada tanda-tanda virus setelah 12 bulan.”

Walau begitu, keberhasilan Pasien Jenewa dalam mencapai kesembuhan dari HIV membuka harapan baru dan menjadi langkah maju yang menjanjikan dalam upaya melawan penyakit ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan