Gara-gara Away, Bonek Bayar Denda ke PSSI

JABAR EKSPRES- Bonek bayar denda kepada Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang memberikan sanksi berupa denda terhadap klub Persebaya. Menyikapi sanksi tersebut, kelompok Bonek, yang tergabung dalam Green Nord 27, berinisiatif menggalang dana melalui kampanye donasi yang bertajuk “Donasi untuk PSSI”.

Persebaya dikenai denda sebesar Rp 25 juta sebagai akibat dari kehadiran suporter Bonek di Stadion Jatidiri, Semarang, ketika Persebaya bertandang untuk melawan PSIS pada hari Minggu, 16 Juli 2023.

BACA JUGA: Usai Kalah dari PSM Makassar, Persib Umumkan Pelatih Baru?

Husain Ghazali, Koordinator Green Nord 27, menyatakan bahwa dana yang terkumpul dari penggalangan tersebut akan diserahkan kepada Persebaya untuk membayar sanksi denda dari Komdis PSSI. Hingga saat ini, donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 16.579.305 juta.

Dalam cuitan di akun Twitter Green Nord 27 pada Minggu, 23 Juli 2023, mereka menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Bonek yang telah berpartisipasi dalam kampanye donasi ini, dengan harapan agar kontribusi tersebut dapat membantu mencerdaskan PSSI dan mendorong perbaikan regulasi yang lebih tepat.

Green Nord 27 adalah kelompok ultras fans yang menjadi basis suporter Persebaya Surabaya dan merupakan bagian dari komunitas Bonek Mania. Mereka menekankan bahwa kehadiran suporter saat timnya bermain away bukan semata-mata untuk merusak, melainkan sebagai ajang silaturahmi dan studi banding antar suporter. Mereka berpendapat bahwa hak suporter untuk mendukung tim kebanggaannya tidak seharusnya dicabut.

BACA JUGA: Curhatan Marc Klok Usai Persib Dilibas PSM Makassar

Sebagai latar belakang, PSSI telah menerapkan regulasi yang melarang suporter tim tamu untuk hadir dalam pertandingan tandang dan tidak memberikan jatah tiket dari tim tuan rumah. Namun, Bonek bayar denda dan menentang keputusan ini karena dianggap sulit untuk memastikan bahwa suporter tim tamu benar-benar tidak membeli tiket dan melakukan berbagai cara, termasuk penyusupan, untuk tetap hadir di stadion ketika timnya bertanding.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan