Mitos atau Fakta: Benarkah Mesin Kendaraan Bisa Mati Saat Melintasi Rel Kereta?

JABAR EKSPRES – Sering banget nih kejadian mobil tiba-tiba mogok pas lewat rel kereta. Bisa-bisa tuh berujung kecelakaan berat sama kereta api, duh serem ya!

Katanya sih, penyebab mobil mati dadakan itu ada kaitannya sama medan magnet di rel kereta. Kan rel kereta punya kabel penghantar listrik, nah itu yang jadi masalah. Kayaknya mobil kita gak cocok deh sama kabel listrik di rel kereta itu.

Apalagi kalo keretanya mau lewat sekitar 600 meter, medan magnetnya makin kuat dong. Eh, mesin mobil langsung ngadat deh pas lewat di atas rel kereta.

Jadi, begini logikanya: pas arus listrik di rel ketemu sama bagian mobil yang gak cocok, jadinya keluar deh emisi yang lewat batas. Akibatnya, mesin mobil bisa mati begitu aja.

Ini yang bikin Electronic Control Unit (ECU) di mobil jadi nggak bisa kerja, akhirnya mobil mogok dan bisa kecelakaan gitu.

Baca Juga: Chery Akan Meluncurkan Dua Model Mobil Baru di GIIAS 2023

Katanya juga KAI (Kereta Api Indonesia) bilang, masalahnya bisa lebih parah lagi. Medan magnet dari dinamo lokomotif bisa berpengaruh sampe radius satu kilometer loh. Makanya petugasnya sedia payung duluan, mereka langsung tutup palang pintu kalo keretanya mau lewat.

Nah, kalo kita sebagai pengendara mobil gak serius atur gigi pas lewat rel kereta, bisa-bisa mesin mobil mati juga gara-gara medan magnet itu. Jadi, hati-hati dan tetep fokus ya kalo lewat perlintasan kereta.

Bukan cuma soal medan magnet aja sih, faktor psikis juga berperan penting. Kalo lagi panik dan gugup, pikiran jadi kacau. Mau pindahin gigi atau kasih gas jadi nggak stabil, akhirnya mobil juga bisa mati dan susah dihidupin lagi.

Pokoknya, kalo lewat rel kereta, tetep tenang dan konsentrasi ya. Jangan sampai terjebak dalam kepanikan, karena keselamatan kita dan orang lain tetap nomor satu. Ingat, safety first!

Bener banget tuh, safety first selalu jadi yang utama. Kalo lewat perlintasan kereta, pastiin kita udah cek dan double-check kondisi mobil sebelumnya. Apalagi kalo punya mobil manual, harus lebih ekstra hati-hati. Nggak mau kan mesin tiba-tiba mati dan kacau di tengah-tengah rel kereta?

Tinggalkan Balasan