Banjir Sungai Yamuna Membuat Taj Mahal Terancam Tenggelam

JABAR EKSPRES – Foto-foto dan video keren di media sosial memperlihatkan banjirnya Sungai Yamuna di utara India bikin khawatir. Airnya yang terus meluap ternyata bikin si cantik, Taj Mahal, ikon kebanggaan negeri ini, terancam tenggelam. Insiden itu terjadi pada Selasa (18/7) lalu, lho.

Kabar dari para pejabat berwenang pun menyebutkan tinggi banjir Sungai Yamuna mencapai 208,57 meter pada Kamis pekan lalu. Mantap banget!

Sejak Juni, hujan lebat bikin geger di negara bagian Uttar Pradesh, dan banjir makin jadi-jadian. Cuaca galak ini ditambah lagi dengan musim hujan yang nyampe, bikin iklim makin nggak karuan. Ahli-ahli cuaca nyebutin kalo perubahan iklim juga turut andil dalam menggila-gilanya banjir ini.

Gimana enggak, si Yamuna yang adalah anak sungai dari Gangga, menyentuh volume rekor tertingginya dalam sejarah. Bikin warga sekitar pada heboh, harus dievakuasi massal nih, guys!

Baca Juga: Hacker China Retas Akun Surat Elektronik Dubes AS

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) juga ngasih kabar kurang menggembirakan. India masuk salah satu negara paling rawan dampak krisis iklim, nih.

Agra, kota indah yang jadi rumah Taj Mahal, juga bakal berada dalam bahaya banjir berbulan-bulan ke depan. Kalo hujan deresnya terus berlanjut, bisa-bisa banjir makin liar.

Yuk, mari kita jaga kebersihan dan alam sekitar. Semoga si cantik Taj Mahal dan penduduk di sekitar Sungai Yamuna bisa cepet-cepet pulih dari banjir ini, dan hujan-hujan bisa segera berhenti. Doain aja, semoga bencana ini cepat berlalu, ya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan