Ridwan Kamil Luncurkan Bus Rapid Transit Tujuan LRT Jabodebek, Trans Pakuan Salah Satunya!

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendorong percepatan penyediaan angkutan pengumpan atau feeder pada moda transportasi bus di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) untuk mendukung layanan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bodebek.

Prosesi penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov Jabar dan pemerintah daerah kota atau kabupaten di wilayah Bodebek itu dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Halte Cidangiang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Jumat, 21 Juli 2023.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sekaligus meluncurkan Bus Trans Pakuan Kota Bogor yang masuk ke dalam program Bus Rapid Transit (BRT).

Emil, sapaan akrabnya menyebut, Bus Trans Pakuan sendiri merupakan transportasi feeder bagi masyarakat yang ingin menuju atau mengakses LRT Jabodebek.

Baca juga: Geger! Penemuan Jasad Bayi di Kali Ciluar Kabupaten Bogor

Ia menerangkan, terkait program BRT sebagai feeder untuk LRT Jabodebek itu dimulai dari lima wilayah yang ada di Jabar.

“Kita mulai inisiatif bersama lima wilayah, ada Kota Depok, tuan rumah Kota Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kabupaten Bogor,” ungkapnya kepada wartawan JabarEkspres.com pada Jumat, 21 Juli 2023.

Ia menekankan, program BRT tersebut merupakan komitmen dari Pemprov Jabar untuk kelancaran ekonomi, khususnya aglomerasi di Jabodetabek hingga Banten dan Jawa Barat.

“Minimal di Jabar-nya, kita maksimalkan sehingga warga bisa lancar ke Jakarta naik LRT. Tapi ke LRT-nya naik bus yang kita feeder-kan dari berbagai lima wilayah tadi,” paparnya.

Dirinya berharap, program ini dapat dikembangkan di wilayah lain di Jawa Barat, sehingga aktivitas masyarakat akan lebih banyak yang menggunakan moda transportasi umum.

“Insya Allah, mudah-mudahan dilancarkan dan ditambahi di tahun-tahun mendatang, sehingga terkonversi lah lebih banyak yang naik kendaraan umum ketimbang sekarang naik kendaraan pribadi mungkin karena tidak ada pilihan yang memadai,” tukasnya. (YUD)

Baca juga: Aksi Vandalisme di Gua Hira, Wali Kota Depok: Aib!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan