6 Ciri Seseorang yang Mengalami Gejala Kecanduan Kopi!

JABAR EKSPRES – Kopi merupakan sesuatu yang berasal dari hasil pertanian yang dapat dijadikan minuman dengan proses panjang, apa kamu tahu bahwa kopi memiliki zat yang dapat membuat kecanduan?

Berikut ini kan di bahas apa saja gejala yang biasa terjadi apabila seseorang mengalami kecanduan kafein.

Mengonsumsi kopi memang memiliki manfaatnya bagi tubuh. Namun, perlu kamu perhatikan juga asupan kafein yang kamu konsumsi tidak berlebihan, karena hal tersebut dapat membuat candu dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Berikut di bawah ini beberapa gejala yang biasa timbul akibat kecanduan zat kafein, diantaranya:

Gejala Kecanduan Kopi

  • Mudah merasa lelah

Bebebrapa kondisi seseorang yang merasa lelah memilih untuk mengonsumsi kafein untuk melawan rasa lelahnya, dengan begitu tubuh mereka tentunya dapat menjadi lebih mudah lelah akibat kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Dalam Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Sakit kepala

Perlu diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kepala terasa sakit, hal tersebut disebabkan oleh kafein yang dapat mengubah pembuluh darah pada otak, perubahan mendadak tersebut yang menyebabkan kepala menjadi sakit.

  • Tremor

Seseorang yang kecanduan kopi tidak sedikit yang memperlihatkan gejala tremor, tremor terjadi bisa karena adanya gejala penarikan kafein.

  • Insomnia

Salah satu gejala yang umum terjadi pada seseorang yang kecanduan kopi adalah insomnia.

Mengonsumsi kafein perlu perhatian khusus, dimana jika kafein dikurangi secara drastis akan menimbulkan efek yang dapat mengganggu waktu tidur.

Baca Juga: Buah Penurun Kolesterol Berdasarkan Surat Dalam Al-Qur’an!

  • Mual

Seseorang yang kekurangan kafein akan merasa mual, hal tersebut terjadi karena adanya efek samping dari penarikan kafein sehingga berpengaruh pada sistem pencernaan.

  • Depresi

Salah satu gejala dari seseorang yang kecanduan kopi adalah depresi. Hal ini disebabkan apabila seseorang tersebut kekurangan kafein, yang dimana kafein sendiri dapat dikatakan sebagai peningkat suasana hati.  Oleh karena itu seseorang yang kekurangan kafein dapat mudah mengalami depresi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan