6 Cara Ampuh Mengatasi Kram Otot, Jangan Panik!

JABAR EKSPRESKram otot bisa terjadi kapan saja, baik saat bersantai maupun ketika beraktivitas.Kondisi ini membuat otot menegang dan sulit rileks, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman bagi tubuh. Lalu bagaimana cara mengatasi kram otot yang terjadi tiba-tiba?

Munculnya kram otot bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, betis, paha, atau lengan. Penyebab kram otot bisa diakibatkan karena penggunaan otot yang berlebihan, kurangnya pemanasan saat berolahraga, kekurangan cairan atau dehidrasi, melakukan gerakan yang salah, kurang elektrolit, hingga bertahan pada satu posisi dalam waktu yang lama, serta lainnya.

Penderita kram otot umumnya akan merasakan rasa tidak nyaman beberapa menit sampai lebih dari 15 menit. Meskipun kram otot bisa menyerang siapa saja, tetapi hal ini juga bisa menjadi tanda suatu gejala penyakit tertentu. Misalnya seperti diabetes, gangguan hati, tiroid, saraf, dan lainnya.

Tetapi biasanya kram otot menandakan kondisi medis seseorang seperti adanya tekanan saraf di tulang belakang, tubuh kekurangan kalsium, kalium maupun magnesium, pasokan darah yang tidaj lancer, hingga efek samping dari penggunaan obat tertentu. Faktor usi lanjut juga membuat seseorang rentang mengalami kram otot.

Baca Juga: Pernah Kram Saat Tidur? Ini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kram Otot

1. Lakukan Peregangan Otot Secara Perlahan

Saat merasakan kram otot, segera hentikan aktivitas yang sedang kamu lakukan dan cobalah untuk merenggangkan otot yang terkena kram. Lakukan peregangan dengan perlahan dan tahan posisi peregangan selama beberapa detik. Pastikan untuk menghindari gerakan terburu-buru atau kasar, karena hal ini malah bisa memperparah kram.

2. Lakukan Pijatan Ringan

Melakukan pijatan ringan pada otot yang mengalami kram bisa membantu mengendurkan otot yang tegang dan mengurangi rasa sakit. Gunakan jari-jari kamu untuk memberikan pijatan lembut pada area yang terkena kram, dengan gerakan memutar secara perlahan. Tetaplah berhati-hati dan lakukan pijatan lembut agar tidak menyebabkan cedera lebih lanjut.

3. Mengompres dengan Air Hangat

Gunakan air hangat untuk mengompres bagian tubuh yang mengalami kram otot. Hal ini bisa membantu meredakan ketegangan dan rasa sakit. Air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke area yang terkena kram, sehingga akan mempercepat pemulihan otot. Caranya cukup letakkan kain yang dibasahi air hangat pada area yang terkena kram selama sekitar 15-20 menit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan