WHO Konfirmasi Ada Puluhan Kucing Terinfeksi Influenza di Polandia

JABAR EKSPRES- Puluhan kucing di Polandia telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus influenza, demikian diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (17/7).

Berdasarkan pernyataan WHO, dari total 47 sampel kucing yang diambil, 29 di antaranya dinyatakan positif terinfeksi influenza tipe H5N1 pada Selasa lalu.

Dalam kasus ini, 14 kucing telah disuntik mati dan 11 kucing lainnya ditemukan sudah meninggal, dengan kematian terbaru dilaporkan terjadi pada tanggal 30 Juni.

Baca juga: Deretan Kucing Mati di Tanjung Priok Viral Menghebohkan Media Sosial!!

Namun, belum dapat dipastikan apakah kucing-kucing tersebut terpapar virus, dan penyelidikan terhadap fenomena epizootik (yaitu serangan penyakit pada banyak hewan dari jenis penyakit yang sama pada waktu yang sama) masih sedang berlangsung, begitu kata badan kesehatan dunia tersebut.

Meskipun telah ada laporan sebelumnya tentang infeksi influenza pada kucing secara sporadis, kali ini merupakan kali pertama di mana sejumlah besar kucing terinfeksi dan tersebar di sebagian besar wilayah, seperti yang diungkapkan WHO.

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Suka Disentuh pada Bagian Kaki Mereka? Begini Penjelasannya

WHO juga menegaskan bahwa risiko infeksi pada manusia setelah berkontak dengan kucing yang terinfeksi secara nasional masih rendah bagi masyarakat umum.

Namun, bagi pemilik kucing dan orang-orang yang sering berhubungan dengan kucing yang terinfeksi H5N1, seperti dokter hewan, risiko sedang terjadi jika mereka tidak menggunakan alat pelindung diri yang tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan