Pasca KA Brantas Tabrak Truk, PT KAI Daop 2 Pastikan Keberangkatan Aman!

JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memastikan keberangkatan kereta api dari wilayah Bandung, Jawa Barat, yang menggunakan jalur utara dalam keadaan normal dan telah diantisipasi setelah terjadi insiden KA Brantas menabrak truk di Semarang, Jawa Tengah.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengaturan komposisi kereta. Hal ini dilakukan karena keterlambatan kereta dari wilayah Semarang setelah kecelakaan pada Selasa, 18 Juli 2023.

Hal tersebut berdampak pada kereta KA Argo Parahyangan yang akan berangkat, Rabu, 19 Juli 2023 pukul 08.35 WIB.

Baca juga: Semester I/2023, Penerimaan Pajak DJP Jabar I Tembus Rp16,32 Triliun

“Di mana yang jam 08.35 WIB itu harusnya memakai rangkaian KA Harina, tetapi karena keterlambatan kami lakukan rekayasa pola operasi rangkaian, dia memakai rangkaian KA Mutiara Selatan,” kata Mahendro seperti dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Rabu, 19 Juli 2023.

Saat ini, Mahendro memastikan bahwa jalur kereta api di Semarang sudah dapat dilalui. Menurutnya, pemulihan jalur kereta membutuhkan waktu yang cukup lama karena petugas harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar jalur tersebut aman untuk dilalui.

“Prosesnya memang untuk menormalisasi jalur itu memang cukup lama, mulai dari kejadian di jam 19.30 WIB malam, sampai jam 04.00 WIB pagi, karena memang harus dipastikan bahwa jalur tersebut memang aman terkendali,” ujarnya.

Selama insiden tersebut, sebanyak 386 penumpang KA Harina dari Semarang terdampak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 320 penumpang KA Harina turun di Stasiun Bandung.

Dengan pengaturan komposisi kereta yang dilakukan, Mahendro juga memastikan bahwa keberangkatan kereta dari sejumlah stasiun yang berada di lingkungan Daop 2 tetap sesuai jadwal, tanpa ada perubahan.

“Jadi, memang sesuai waktu semua, sesuai jam keberangkatan semua, jadi kami sudah antisipasi, untuk Argo Parahyangan jam 08.45 WIB itu berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” tandasnya.

Baca juga: Manulife Indonesia 38 Tahun: Hadirkan Program “Semakin Hari Semakin Baik”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan