Apakah Film Barbie Bisa Ditonton Anak? Cek Klasifikasi Usia Sebelum Nonton!

JABAR EKSPRES – Cek klasifikasi usia untuk Film Barbie yang perdana tayang hari ini di Bioskop, Rabu 19 Juli 2023. Apakah cocok untuk ditonton anak-anak?

Sebelum menonton Film Barbie di bioskop bersama keluarga, perhatikan terlebih dahulu klasifikasi usia film yang akan ditonton agar sesuai kategori ya.

Hal ini karena Film Barbie di Indonesia termasuk film dengan kriteria R13+. Lantas apakah anak-anak boleh menonton Film Barbie?

Jika termasuk kriteria film R13+ ini berarti anak-anak yang bisa menonton film ini diharuskan remaja yang berusia 13 tahun ke atas.

Pemerintah sudah mengatur terkait kriteria usia penonton dalam Pasal 33 Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2014 tentang Lembaga Sensor Film.

Ada berbagai poin untuk kriteria usia penonton 13 tahun (13+) yang perlu diketahui.

Mengutip dari Instagram Lembaga Sensor Film, usia 13 tahun ke atas ini merupakan usia peralihan dari anak-anak keusia remaja.

Pada usia ini tontonan yang ditampilkan tidak menayangkan adegan baik suara maupun visual yang gampang atau mudah untuk ditiru dan yang paling penting adalah tidak menampilkan adegan yang berbahaya serta pergaulan bebas yang berlainan jenis maupun sesama jenis.

BACA JUGA: Nonton Film Barbie (2023), Begini Cara Beli ATS untuk 19 Juli di CGV

Mengapa Film Barbie Tidak Cocok Ditonton Anak?

Melansir dari situs Romper, Film Barbie yang memang identik dengan anak-anak, kali ini di film live action terbaru tidak ditujukkan untuk anak-anak melainkan bagi orang dewasa.

Film Barbie bisa ditonton untuk usia 13 tahun ke atas, hal ini karena adanya referensi sugestif dan bahasa singkat yang dimuat di dalamnya dan tidak cocok untuk anak-anak.

Referensi sugestif ini seperti adanya lelucon yang lebih dewasa dan bahasa singkat yang mengacu pada bahasa kotor atau kutukan yang ada dalam beberapa bentuk.

BACA JUGA: Nonton Film Barbie Hari Ini, Ada Tumbler Barbie di CGV Super Lucu Segini Harganya!

Sementara itu oleh Motion Pictures  Associations of America film ini termasuk kriteria PG-13 yang berarti disarankan butuh bimbingan orang tua untuk yang usianya di bawah 13 tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan