Yukk Sambut Tahun Baru Islam 2023, Ini Jadwal dan Doa Puasa Muharram

JABAR EKSPRES – Bulan Muharram segera tiba, dan dalam beberapa jam, umat Islam akan memasuki bulan pertama dalam penanggalan hijriah yang menandai pergantian tahun baru Islam. Tanggal 1 Muharram selalu di rayakan dengan berbagai tradisi di berbagai daerah.

Menyambut tahun baru Islam, terdapat beberapa amalan sunnah yang sangat di anjurkan bagi umat Islam, salah satunya adalah puasa sunnah. Keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram ternyata melebihi keutamaan ibadah serupa di bulan Syaban.

Apabila Anda berniat untuk melaksanakan puasa Muharram, sangatlah penting untuk memanjatkan doa puasa Muharram 2023 sebelum memulai ibadah tersebut. Berikut adalah beberapa bacaan doa puasa Muharram 2023 yang perlu Anda panjatkan sebelum berpuasa.

Baca juga : Rahasia Doa dan Amalan Umur Panjang dan Berkah dalam Islam

Keutamaan Puasa Muharram ini perlu di pahami dengan baik. Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, yaitu Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam (HR. Muslim).

Pelaksanaan Puasa Muharram terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  1. Puasa paling utama pada bulan Muharram adalah puasa pada hari kesepuluh, diikuti oleh satu hari sebelumnya dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 dan 11 Muharram.
  2. Puasa yang di laksanakan pada hari kesembilan (Tasu’a) dan kesepuluh (Asyura).
  3. Puasa sunnah yang di laksanakan hanya pada hari kesepuluh saja.

Di anjurkan bagi umat Islam untuk melaksanakan puasa pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram. Namun, boleh juga melaksanakannya pada tanggal 9 dan 10 Muharram atau hanya pada tanggal 10 Muharram saja.

Tak hanya itu, umat Islam juga di perbolehkan berpuasa sunnah pada ayyamul bidh, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Muharram. Jika di akumulasikan, umat Islam dapat melaksanakan puasa selama 6 hari, mulai dari tanggal 9 sampai 11 Muharram, dan di lanjutkan pada tanggal 13 sampai 15 Muharram.

Untuk melaksanakan puasa Muharram 2023 dengan benar, penting bagi Anda untuk mengetahui jadwalnya di bulan Juli 2023 ini. Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, tanggal 1 Muharram atau Tahun Baru Islam jatuh pada 19 Juli 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan