Mengapa Orang Obesitas Jadi Sering Kena Gatal di Area Selangkangan?

JABAR EKSPRES – Gimana ya, ada sebagian orang yang punya badan agak gemuk atau bahkan obesitas, sering banget gatal di daerah selangkangan. Terus, ada juga yang kulitnya jadi hitam di beberapa bagian, kayak di leher atau tengkuk gitu.

Melansir dari berbagai sumber, nah, buat ngasih tahu kita tentang hal ini, kita dengerin pendapat dari Dokter EM Yunir, yang selain jadi Dokter spesialis penyakit dalam sub endokrin, juga sebagai Pengurus Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Katanya sih, orang yang kelebihan berat badan atau obesitas emang sering gatal di selangkangan.

Meskipun nggak semua orang gemuk pasti gatal di selangkangan, tapi emang banyak yang kayak gitu. Penyebabnya sih udah jelas, karena jamur.

“Jamur itu bisa nyempil dan berkembang biak di tempat yang lembab. Nah, waktu badannya gemuk atau obesitas, lipatan-lipatan di tubuh jadi lebih banyak dan lebih gede. Nah, itu bisa bikin lembab karena keringat atau air yang terperangkap,” katanya waktu konferensi pers online, Senin kemarin.

Eh, nggak cuma itu aja, kalo tubuhnya nggak dijaga atau kurang higienis, jamurnya makin betah tuh berkembang biak di selangkangan. Akibatnya, bisa gatal banget sampe bisa bikin luka.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Purwakarta, Pengalaman Berlibur yang Sangat Menggembirakan!

“Kan udah obesitas, selangkangannya juga kurang higienis. Misalnya jarang ganti celana dalam, atau basah aja dibiarkan, ya jelas bisa bikin gatal sampe luka,” jelasnya.

Karena itu, penting banget, nih, kita jaga kebersihan daerah selangkangan. Bahkan sebaiknya, selalu dikeringin biar jamurnya nggak bisa tumbuh.

Sementara itu, tentang kulit yang jadi hitam di leher atau beberapa area tubuh waktu orangnya obesitas, emang bisa terjadi. Menurut Dokter Yunir, penyebabnya utamanya adalah resistensi insulin, karena lemak yang ada dalam tubuh ngeluarin hormon yang bikin insulin jadi nggak peka sama yang masuk ke dalam tubuh.

“Nah, resistensi insulin ini bisa bikin kulit jadi lebih gelap. Makanya, leher, khususnya di bagian belakang, jadi hitam. Itu pasti karena resistensi insulin,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan