Viral di TikTok, Air Rebusan Selada Diklaim Mampu Mengatasi Insomnia, Apakah Ini Fakta?

JABAR EKSPRES – Jika Anda membuka TikTok dan mencari hashtag #LettuceWater, Anda pasti akan menemukan banyak video yang menampilkan orang-orang merebus selada.

Prosesnya cukup sederhana: ambil selada biasa atau iceberg lettuce, rebus dalam air panas selama 15 menit, keluarkan seladanya, dan minum air rebusannya.

Beberapa orang juga menambahkan daun mint untuk memberikan rasa yang lebih enak.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Insomnia yang Sangat Mengganggu

Orang-orang yang mencoba minum air rebusan selada ini percaya bahwa minuman tersebut dapat membantu mereka tidur.

Bahkan, dikatakan bahwa air rebusan selada ini dapat menyembuhkan insomnia.

Namun, apakah benar-benar ada dasar ilmiah di balik klaim yang viral di TikTok tersebut, ataukah hanya mitos semata?

Mengecek Fakta Mengenai Kemampuan Air Rebusan Selada Mengatasi Insomnia

Sampai saat ini belum ada penelitian yang secara khusus membahas tentang kemampuan air rebusan selada untuk membantu tidur atau mengatasi insomnia.

Namun, ada penelitian pada tahun 2017 yang menunjukkan bahwa memakan daun selada atau ekstrak biji selada dapat membuat tikus tidur lebih lama.

Studi pada tahun 2018 juga menemukan bahwa wanita hamil yang mengalami insomnia dapat mengatasi masalah tidur dengan mengonsumsi ekstrak biji selada.

Bahkan, studi pada tahun 2023 menemukan bahwa ekstrak dari jenis selada Korea yang disebut Heukharang dapat membantu tikus percobaan untuk tidur lebih cepat.

Namun, semua penelitian ini tidak secara langsung mengaitkan dengan air rebusan daun selada.

Pada abad ke-19, nenek moyang kita menggunakan daun selada sebagai obat penenang, terutama zat susu kering yang diekstrak dari selada, yang disebut lactucarium.

Mungkin saja efek yang dirasakan orang-orang yang minum air rebusan selada dan kemudian dapat tidur dengan nyenyak, serta sembuh dari insomnia, disebabkan oleh efek placebo.

Efek placebo terjadi ketika kita percaya pada sesuatu, dan biasanya hal itu akan terjadi.

Dengan kata lain, ketika kita melihat orang-orang di TikTok yang minum air rebusan selada dan kemudian dapat tidur, kita menjadi meyakini hal itu dan akhirnya melakukan hal yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan