Andalkan Inovasi Social Enterprise, Desa Cinta Wakili Jawa Barat di Lomdeskes Tingkat Nasional

JABAREKSPRES – Desa Cinta, Kabupaten Garut menjadi pemenang Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Kini, Desa yang hampir memiliki populasi 1.500 itu telah memasuki tahap penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional yang dinilai langsung oleh Tim dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Majunya Desa Cinta dikancah Nasional tentunya mendapat apresiasi dari pejabat publik. Salah satunya; Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Pria yang akrab disapa Kang Uu itu mengatakan Keberhasilan Desa Cinta menjadi desa mandiri tidak hanya dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur desa, melainkan juga pembangunan masyarakatnya yang menjunjung tinggi nilai gotong royong dan mengedepankan akhlak bermoral.

“Jelas saya optimistis (menang). Bukan hanya dilihat dari segi pembangunan fisik Desa Cinta yang sudah bagus, tetapi juga dari segi karakter. Pembangunan masyarakat di desa ini mengedepankan akhlak,” kata dia.

Kang Uu optimistis Desa Cinta dapat membawa harum nama Jabar dengan menjadi desa terbaik di tingkat nasional. Teelebih, Desa Cinta dinobatkan sebagai Desa Mandiri menjadi perwakilan Jabar di Lomba Desa Tingkat Nasional.

“Nawacita Pak Jokowi salah satunya adalah pembangunan karakter yang berakhlak dan bermoral, maka ini akan menjadi salah satu kriteria pemenang,” cetus dia.

Dia mengungkapkan, status mandiri Desa Cinta menjadi salah satu implementasi dari visi misi Jabar Juara Lahir Batin, yaitu Desa Juara. Lokasi Desa Cinta terpencil, namun berhasil menjadi desa mandiri, bahkan menjadi yang terbaik di Provinsi Jabar.

“Ini membuktikan bahwa kepemimpinan Pak Gubernur berhasil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena desa yang maju identik dengan kesejahteraan masyarakatnya,” sebut Pak Uu.

Sementara itu, Ketua Tim penilai Kemendagri Andi Yuliarmiangsyah Razmi, menyatakan bahwa tim klarifiksi lapang hadir untuk dapat menggali lebih dalam informasi secara langsung dan dapat memberikan desa cinta menuju tata kelola yang baik.

Dalam sambutan ketua tim penilai kemendagri Andi Yuliarmiangsyah Razmi, menyatakan bahwa tim klarifiksi lapang hadir untuk dapat menggali lebih dalam informasi secara langsung dan dapat memberikan desa cinta menuju tata kelola yang baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan