4 Cara Efektif Hilangkan Noda Kuning pada Baju Putih!

JABAR EKSPRES – Noda kuning pada baju putih memang sering kali muncul. Hal ini sangat mengganggu dan kerap sulit diatasi. Untuk mengetahui cara menghilangkan noda kuning pada baju putih, kamu bisa simak ulasan dalam artikel ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya noda kuning pada baju. Misalnya saja karena keringat, terkena minyak, minuman, obat, hingga faktor penuaan kain. Namun jangan risau karena noda kuning masih bisa dibersihkan.

Lantas bagaimana caranya? Berikut 4 cara efektif yang bisa membantu memusnahkan noda kuning yang membandel pada baju putih agar warnanya dapat kembali cerah dan indah.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Karpet, Bersihkan Noda Membandel!

4 Cara Hilangkan Noda Kuning

1. Perendaman dalam Larutan Pemutih

Cara yang efektif untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih adalah dengan merendamnya dalam larutan pemutih. Kamu bisa menggunakan pemutih klorin atau pemutih oksigen yang tersedia di pasaran.

Campurkan larutan pemutih dengan air sesuai petunjuk pada kemasan, dan rendam baju putih yang terkena noda kuning selama beberapa jam atau semalam. Setelah merendamnya, cuci baju seperti biasa dengan deterjen dan air hangat. Pastikan untuk membaca petunjuk pada produk pemutih yang dipakai dan ikuti dengan hati-hati.

2. Baking Soda dan Air Lemon

Baking soda dan air lemon merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Campurkan sejumlah baking soda dengan air lemon segar untuk membuat pasta yang kental. Oleskan pasta ini secara merata pada noda kuning dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam.

Setelah itu, sikat lembut atau gosok area yang terkena noda dengan sikat gigi bekas yang lembut. Terakhir, cuci baju seperti biasa. Baking soda dan air lemon tidak hanya akan membantu menghilangkan noda kuning, tetapi juga memberikan efek pemutihan alami pada kain.

Baca Juga: Tips Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian

3. Asam Sitrat

Asam sitrat cukup efektif untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Bahan ini bisa didapat dari jus lemon atau asam sitrat yang dijual di toko. Caranya peras beberapa buah lemon atau larutkan asam sitrat dalam air hangat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan