Upaya Hapus Stigma Negatif Terhadap ODHA, Gerakan Pita Merah Luncurkan Film Berjudul STIGMA

JABAR EKSPRES – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan hadiri peluncuran film berjudul STIGMA di acara Gala Premier Bioskop Cinema XXI Asia Plaza Sumedang, Jumat 14 Juli 2023. Film tersebut digagas sebagai upaya menghapus stigma negatif dan dukungan bagi orang dengan HIV/Aids (ODHA).

Pandangan negatif terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) kerap masih terjadi di tengah masyarakat. Hal itu salah satunya lantaran keawaman masyarakat mengenai penyakit HIV AIDS itu sendiri.

Akibatnya, penanganan yang terabaikan bagi penderita dan yang paling parah adalah STIGMA berlebihan yang diciptakan oleh ketakutan mengenai penyakit tersebut.

Berangkat dari hal tersebut, Gerakan Pita Merah Sumedang meluncurkan sebuah fiilm bertemakan tentang kesadaran akan penyakit HIV/AIDS.

BACA JUGA: Serukan Bahaya HIV/Aids, Dedie Rachim Minta Gencarkan Pengawasan Terhadap Anak

Film yang ditulis oleh Titha Zee dan disutradarai oleh Harry Ridho ini, tayang perdana dan ditonton oleh para pemeran utama, crew film, hingga Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Sang sutradara, Harry Ridho, mengatakan, film STIGMA secara umum mengangkat cerita tentang sebuah keluarga yang terkena penyakit HIV/AIDS. Keluarga tersebut harus melawan stigma negatif dari masyarakat.

“Dari judulnya STIGMA, bisa kita baca tentang pandangan atau point of view dari masyarakat. Jadi, intinya film ini tentang sebuah keluarga yang terjangkit penyakit HIV/AIDS hingga menularkan kepada anaknya,” ungkap Harry kepada Jabar Ekspres.

Harry mengatakan film ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit HIV/AIDS

Film Stigma terasa spesial bagi warga Sumedang lantaran film ini banyak mengambil lokasi syuting di Kabupaten Sumedang. Beberapa di antaranya di kawasan Waduk Jatigede, Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu dan Jembatan Panyindangan.

Harry pun mengungkapkan alasannya kenapa memilih lokasi syuting di Kabupaten Sumedang.

“Jadi film ini bukan menceritakan tentang penyakit HIV/AIDS di Sumedang, tapi di Sumedang ini banyak suasana perkampungan yang sangat menarik untuk dijadikan lokasi syuting,” terangnya.

Harry mengatakan film Stigma merupakan film yang digagas untuk kegiatan charity (amal). Film serupa pun sebelumnya pernah dibuatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan